skip to main content

PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA TINGKAT DELAPAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 22 Apr 2014.

Citation Format:
Abstract

Pelajaran matematika dirasa lebih berat dibanding pelajaran lain oleh sebagian siswa. Berbagai metode belajar dikembangkan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar matematika, siswa, salah satunya adalah metode cooperative learning. Cooperative learning merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara para siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan bersama dan membantu satu sama lain belajar (Ormrod, 2009, h.187). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode cooperative learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa tingkat delapan sekolah menengah pertama.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian merupakan siswa tingkat delapan sekolah menengah pertama yang belum pernah mendapat perlakuan berupa metode cooperative learning dalam materi sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes prestasi tertulis berupa recall test berbentuk item soal.

Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh hasil sebesar 0,000 < α (0,05). Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen. Uji hipotesis Independent Sample Mann-Whitney diperoleh hasil sebesar 0,000 < α (0,05). Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika.

Fulltext View|Download
Keywords: Cooperative learning, prestasi belajar matematika

Article Metrics:

  1. Alisah, E. & Dharmawan, E. P. (2007). Filsafat dunia matematika: pengantar untuk memahami konsep-konsep matematika. Jakarta: Penerbit Prestasi Pustakarya
  2. Beetlestone, F. (2011). Creative learning: strategi pembelajaran untuk melesatkan kreatifitas siswa. Terjemahan: Narulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Media
  3. Hergenhahn, B. R. & Olson, M. H. (2009). Theories of learning . Terjemahan: Tri Wibowo. Jakarta : Kencana Prenada Group
  4. Nggermanto, A. (2008). Dampak aritmatika jari, sempoa, atau jarimatika. Diambil dari http://apiqquantum.com/2008/09/23/dampak-aritmetika-jari-sempoaatau-jarimatika/
  5. Ormrod, J. E. (2009). Educational psychology developing learners psikologi pendidikan : membantu siswa tumbuh dan berkembang. Terjemahan: Wahyu Indianti dkk. Jakarta: Penerbit Erlangga
  6. Permatasari, A. (2014). Perbedaan tendensi mencari bantuan akademik yang adaptif berdasarkan jenis bidang ilmu di Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
  7. Purwanto, N. M. (2007). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  8. Salamah, U. (2008). Pengaruh metode belajar jarimatika tehadap prestasi belajar matematika siswa-siswi kelas empat SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
  9. Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
  10. Santrock, J. W. (2009). Educational psychology: psikologi pendidikan edisi 3 buku 2. Terjemahan: Diana Angelica. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika
  11. Seniati, L., Aries Y. & Bernadette N.S. (2009) .Psikologi eksperimen. Jakarta: PT Indeks
  12. Solihatin, E. (2008). Cooperative learning: analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara
  13. Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta
  14. Syah, M. (2008). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
  15. Thalib, S. B. (2010). Psikologi pendidikan berbasis empiris aplikatif. Jakarta: Prenada Media Group
  16. Winarsunu, T. (2009). Statistik dalam penelitian psikologi & pendidikan. Malang: UMM Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.