Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7498, author = {Ana Mushlihah and Tri Astuti}, title = {PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA TINGKAT DELAPAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {3}, number = {2}, year = {2014}, keywords = {Cooperative learning, prestasi belajar matematika}, abstract = { Pelajaran matematika dirasa lebih berat dibanding pelajaran lain oleh sebagian siswa. Berbagai metode belajar dikembangkan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar matematika, siswa, salah satunya adalah metode cooperative learning. Cooperative learning merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara para siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan bersama dan membantu satu sama lain belajar (Ormrod, 2009, h.187). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode cooperative learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa tingkat delapan sekolah menengah pertama. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian merupakan siswa tingkat delapan sekolah menengah pertama yang belum pernah mendapat perlakuan berupa metode cooperative learning dalam materi sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes prestasi tertulis berupa recall test berbentuk item soal. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh hasil sebesar 0,000 < α (0,05). Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen. Uji hipotesis Independent Sample Mann-Whitney diperoleh hasil sebesar 0,000 < α (0,05). Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika. }, issn = {2829-1859}, pages = {37--46} doi = {10.14710/empati.2014.7498}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7498} }
Refworks Citation Data :
Pelajaran matematika dirasa lebih berat dibanding pelajaran lain oleh sebagian siswa. Berbagai metode belajar dikembangkan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar matematika, siswa, salah satunya adalah metode cooperative learning. Cooperative learning merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara para siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan bersama dan membantu satu sama lain belajar (Ormrod, 2009, h.187). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode cooperative learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa tingkat delapan sekolah menengah pertama.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian merupakan siswa tingkat delapan sekolah menengah pertama yang belum pernah mendapat perlakuan berupa metode cooperative learning dalam materi sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes prestasi tertulis berupa recall test berbentuk item soal.
Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh hasil sebesar 0,000 < α (0,05). Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen. Uji hipotesis Independent Sample Mann-Whitney diperoleh hasil sebesar 0,000 < α (0,05). Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University