skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP TATA RUANG TOKO DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SWALAYAN “ADA BARU” SALATIGA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 22 Apr 2014.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap tata ruang toko dengan kepuasan konsumen Swalayan Ada Baru Salatiga. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dan menggunakan teknik pengambilan sampel insidental. Data penelitian diambil dengan menggunakan dua buah skala, yakni skala persepsi terhadap tata ruang toko dengan jumlah aitem sebanyak 27 buah (α = 0.895), dan skala kepuasan konsumen dengan jumlah aitem sebanyak 18 (α = 0.851) buah. Analisis data dengan metode analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap tata ruang toko dengan kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R= 0.691 dan p = 0.00 (p<0.05), sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap tata ruang toko dengan kepuasan konsumen Swalayan Ada Baru Salatiga dapat diterima. Sumbangan efektif yang diberikan oleh persepsi terhadap tata ruang toko pada kepuasan konsumen Swalayan Ada Baru Salatiga adalah sebesar 47.8% dan persamaan garis regresinya adalah Y =  12.118 + 0.505X.

Fulltext View|Download
Keywords: persepsi terhadap tata ruang, kepuasan konsumen, swalayan

Article Metrics:

  1. Cahyono, Y. T. 2008. Faktor-faktor sebagai pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian di supermarket. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 2 (1), 87
  2. Cox, R., & Brittain, P. (2004). Retailing an Introduction, (ed. 5). London: Pearson Education Limited
  3. Kaihatu, T. S. (2008). Analisis kesenjangan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen pengunjung Plaza Tunjungan Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 10 (1), 66-83
  4. Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (ed. 13). Jakarta: Erlangga
  5. Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen (ed. 5). Jakarta: Erlangga
  6. Nugraha, B. A. (2013). Persepsi terhadap Store Atmosphere dengan minat beli konsumen di Hypermarket. Jurnal Online Psikologi. 1, (2). 515-528
  7. Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: Mc-Graw Hill
  8. Sukmana, O. (2003). Dasar-dasar Psikologi Lingkungan. Malang: UMM Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.