KECENDERUNGAN PERILAKU KERJA KONTRAPRODUKTIF DITINJAU DARI BIG FIVE PERSONALITY PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI JAWA TENGAH DI SEMARANG

Sonya Venesianila Fatoni, Frieda NRH

Abstract


Dunia organisasi dan lapangan kerja yang semakin maju menuntut semua anggota di dalamnya untuk aktif berkembang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Organisasi pemerintahan dan pegawai negeri sipil bertugas untuk untuk menjalankan tugas-tugas yang berkaitan dengan kelangsungan urusan pemerintahan. Produktivitas  individu dalam bekerja membawa peranan penting dalam menentukan tingkat kesuksesan sebuah organisasi. Perilaku kerja kontraproduktif adalah perilaku dilakukan individu yang dapat membawa dampak negatif terhadap organisasi. Kepribadian memungkinkan untuk memprediksi perilaku individu pada situasi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk membahas kecenderungan perilaku kerja kontraproduktif yang ditinjau dari trait kepribadian big Five Personality PNS Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Sampel penelitian merupakan PNS Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Jawa Tengah sebanyak 74 karyawan yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala kepribadian (big five personality) (37 aitem valid, α = 0.935) dan Skala Kecenderungan Perilaku Kerja Kontraproduktif (30 aitem valid, α = 0.913). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment pearson.

            Hasil penelitian menunjukkan kepribadian big five personality trait conscientiousness, openness to experience dan agreeableness memiliki korelasi yang negatif terhadap kecenderungan perilaku kerja kontraproduktif.


Keywords


kepribadian, big five personality, perilaku kerja kontraproduktif, pegawai negeri sipil

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats