HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP BEBAN KERJA DENGAN INTENSI AGRESI PADA TEKNISI DI SERVICE CENTER NISSAN JAKARTA

Lita Susanti W., Endang Sri Indrawati

Abstract


Salah satu bentuk ketidakprofesionalan seorang karyawan yang saat ini banyak menjadi sorotan masyarakat adalah adanya intensi agresi yang dilakukan di dalam perusahaan. Intensi agresi merupakan kecenderungan atau niat untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik maupun verbal yang sejatinya disengaja. Intensi agresi muncul karena adanya masalah didalam perusahaan yang belum bisa terselesaikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan dan sumbangan efektif antara persepsi terhadap beban kerja dengan intensi agresi pada teknisi di Service Center Nissan Jakarta.

Jumlah populasi dalam penelitian ini 120 teknisi dengan sampel penelitian 89 teknisi. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua buah skala yaitu, Skala Persepsi terhadap Beban Kerja terdiri dari 32 aitem (α = 0,906) dan Skala Intensi Agresi terdiri dari 64 aitem (α = 0,986).

Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rxy = -0,319 dengan p = 0,002 (p<0,05), yang berarti ada hubungan negatif antara variabel persepsi terhadap beban kerja dengan intensi agresi pada teknisi di Service Center Nissan Jakarta. Semakin positif persepsi terhadap beban kerja maka semakin rendah intensi agresi, dan sebaliknya. Hasil penelitian didapatkan R Square = 0,102 yang artinya variabel intensi agresi mendapat sumbangan efektif dari variabel persepsi terhadap beban kerja sebesar 10,2%. Sedangkan, 89,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.


Keywords


Intensi Agresi, Persepsi terhadap Beban Kerja, Teknisi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats