HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA (STUDI KORELASI PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO)

Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesepian dengan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan antara kesepian dengan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

 Populasi penelitian ini adalah 190 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro angkatan 2012. Subjek penelitian berjumlah 123 orang dan subjek untuk uji coba berjumlah 60 orang, yang dipilih secara acak. Alat pengumpul data dalam penelitian adalah skala penyesuaian diri (28 aitem valid dengan α=0,879) dan skala kesepian (25 aitem valid dengan α=0,904).

Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai kofisien korelasi kesepian dengan penyesuaian diri sebesar      -0,614 dengan p=0,000 (p<0,005). Artinya, terdapat hubungan yang kuat, negatif dan signifikan antara kesepian dengan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Keywords: Kesepian, Penyesuaian diri, Mahasiswa tahun pertama

Article Metrics: