skip to main content

HUBUNGAN ANTARA BELAJAR BERDASAR REGULASI DIRI DENGAN SIKAP TERHADAP EKSTRAKURIKULER PADA SISWA KELAS XI SMA MARDISISWA SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 19 Jan 2014.

Citation Format:
Abstract

Salah satu cara yang dilakukan  sekolah agar dapat menerapkan pembiasaan dalam pembentukan karakter siswa adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan antara belajar berdasar regulasi diri dengan sikap terhadap ekstrakurikuler, dan untuk mengetahui sumbangan efektif belajar berdasar regulasi diri.

Populasi yang sesuai dengan karakteristik dalam penelitian ini berjumlah 113 siswa di SMA Mardisiswa Semarang. Pengumpulan data menggunakan skala belajar berdasar regulasi diri yang terdiri dari 31 item (α = 0,939), dan skala sikap terhadap ekstrakurikuler yang terdiri dari 30 item (α = 0,970).

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa belajar berdasar regulasi diri berhubungan secara positif  dengan sikap terhadap ekstrakurikuler yang ditunjukkan dengan rxy= 0,529 dengan tingkat signifikansi korelasi sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil pengujian diperoleh nilai koefisiensi determinasi sebesar 0, 280. Artinya adalah belajar berdasar regulasi diri siswa memberikan pengaruh sebesar 28% terhadap sikap terhadap ekstrakurikuler. Sedangkan 72% sikap terhadap ekstrakurikuler dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel penelitian ini. Faktor- faktor tersebut antara lain adalah pengalaman pribadi, pengaruh orang lain yang dianggap penting, pengaruh kebudayaan, media massa, lembaga agama, dan pengaruh faktor emosional

Fulltext View|Download
Keywords: Belajar Berdasar Regulasi Diri, Sikap Terhadap Ekstrakurikuler, Siswa SMA

Article Metrics:

  1. Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press
  2. Anonim. (2012.September).Kegiatan Bukan Ekstrakurikuler.Diambil dari http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/09/13/198597/Kegiatan-BukanEkstrakurikuler. Diakses tanggal 18 April 2013
  3. Anonim. (2011, Maret). Ekskul Asik yang Patut Kamu Ikuti.Diambil dari http://remaja.suaramerdeka.com/2011/03/04/ekskul-asik-yang-patut-kamu-ikuti/. Diakses tanggal 18 April 2013
  4. Azwar, S. (2011). Sikap Manusia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  5. Azwar, S. (2010). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  6. Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  7. Azwar, S. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  8. Boekaerts, M., Pintrich, P.R., & Zeidner, M.(2002). Handbook of Self Regulation. California : Academic Press
  9. Duckworth, K., Akerman, R., MacGregor, A., Salter, E., & Vorhaus, J.(2009). Self-Regulated Learning : A Literature Review. London : Learning Institute of Education
  10. Feldman, P.O.(2009).Human Development edisi 10 buku 2. Jakarta: Salemba Humanika
  11. Gilman, R., Meyers, J., & Peres L.(2004). Structured Extracurricular Activities Among Adolescents : Findings and Implications For School Psychologists. 41, 31-41. Doi: 10.1002/pits.10136
  12. Hermawan.(2009, Maret). Ekstrakurikuler, Mengembangkan Potensi Siswa. Diambil dari http://citizennews.suaramerdeka.com/?option=com_content&task=view&id=718. Diakses tanggal 18 April 2013
  13. Irwanto.(2002).Psikologi Umum. Jakarta : PT Prenhallindo
  14. LTF.(2009, Mei).Ikut "Ekskul" Dong, biar Tidak Mati Kutu!. Diambil dari http://edukasi.kompas.com/read/2009/05/07/19492326/Ikut.Ekskul.Dong..biar.Tidak.Mati.Kutu. Diakses tanggal 10 Maret 2013
  15. Myers, D.G.(2012). Psikologi Sosial. Jakarta : Salemba Humanika
  16. Nunez, J.C., Carezo, R., Bernando, A., Rosario, P., Valle, A., Fernandez, E., & Suarez, N. Implementation of Training Program in Self-Regulated Learning Strategies in Moodle Format: Result of a Experience in Higher Education. 23, 274-281. 0214-9915
  17. Ormrod, J.E.(2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Erlangga
  18. Riana.(2011, Desember). Ekstrakurikuler Tak Ampuh Atasi Tawuran Pelajar. Diambil dari http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/03/11102034/Ekstrakurikuler.Tak.Ampuh.Atasi.Ta wuran.Pelajar. Diakses tanggal 10 Maret 2013
  19. Richards, G.(2010). Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Baca
  20. Rosdianah.(2009, Juli). Asah Kecerdasan Siswa dengan "Ekskul"!. Diambil dari
  21. http://edukasi.kompas.com/read/2009/05/07/17210826/Ekskul..Tak.Sekadar.Tempat.Salurkan.H obi. Diakses tanggal 10 Maret 2013
  22. Rosidi.(2012, April). Mantapkan Berbahasa Inggris dengan Outbond. Diambil dari

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.