HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS SISTEM DENGAN INTENSI MEMBELI MELALUI SITUS WEB TOKOBAGUS.COM PADA PEGAWAI PEMERINTAH KOTA SEMARANG BAGIAN SEKRETARIAT DAERAH

Candra Rakhma Alima, Harlina Nurtjahjanti

Abstract


Perkembangan internet yang pesat membawa perubahan bagi konsumen di Indonesia dimana saat ini mereka mulai tertarik melakukan pembelian secara online, salah satunya ialah melalui media situs web. Intensi membeli melalui situs web adalah niat atau keinginan yang mengarahkan seseorang untuk melakukan pembelian di situs web yang ditunjukkan melalui proses pengambilan keputusan dan pemanfaatan sumber daya yang ada. Persepsi terhadap kualitas sistem adalah penilaian seseorang secara kognisi dan afeksi terhadap kemampuan situs web dalam memproses informasi berdasarkan spesifikasi sesuai lebih banyak berdasarkan spesifikasi yang telah ditentukan seperti harapannya

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kualitas sistem dengan intensi membeli melalui situs web Tokobagus.com pada pegawai Pemerintah Kota Semarang Bagian Sekretariat Daerah. Jumlah pegawai yang menjadi sampel penelitian ialah 93 orang, yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skala psikologi berupa skala intensi membeli (37 aitem valid, α = 0,949) dan skala persepsi terhadap kualitas sistem (33 aitem valid, α = 0,920).

            Hasil penelitian menunjukkan angka koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,669 dengan p = 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap kualitas sistem dengan intensi membeli. Semakin positif persepsi pegawai terhadap kualitas sistem situs web Tokobagus.com maka, akan semakin tinggi intensi untuk membeli di situs web tersebut, begitupun sebaliknya. Variabel persepsi terhadap kualitas sistem memberikan sumbangan efektif sebesar 44,8%, dan sisanya sebesar 55,2% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.


Keywords


persepsi terhadap kualitas sistem, intensi membeli, pegawai.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats