Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7476, author = {Candra Alima and Harlina Nurtjahjanti}, title = {HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS SISTEM DENGAN INTENSI MEMBELI MELALUI SITUS WEB TOKOBAGUS.COM PADA PEGAWAI PEMERINTAH KOTA SEMARANG BAGIAN SEKRETARIAT DAERAH}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {3}, number = {1}, year = {2014}, keywords = {persepsi terhadap kualitas sistem, intensi membeli, pegawai.}, abstract = { Perkembangan internet yang pesat membawa perubahan bagi konsumen di Indonesia dimana saat ini mereka mulai tertarik melakukan pembelian secara online , salah satunya ialah melalui media situs web . Intensi membeli melalui situs web adalah niat atau keinginan yang mengarahkan seseorang untuk melakukan pembelian di situs web yang ditunjukkan melalui proses pengambilan keputusan dan pemanfaatan sumber daya yang ada. Persepsi terhadap kualitas sistem adalah penilaian seseorang secara kognisi dan afeksi terhadap kemampuan situs web dalam memproses informasi berdasarkan spesifikasi sesuai lebih banyak berdasarkan spesifikasi yang telah ditentukan seperti harapannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kualitas sistem dengan intensi membeli melalui situs web Tokobagus.com pada pegawai Pemerintah Kota Semarang Bagian Sekretariat Daerah. Jumlah pegawai yang menjadi sampel penelitian ialah 93 orang, yang diperoleh melalui teknik simple random sampling . Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skala psikologi berupa skala intensi membeli (37 aitem valid, α = 0,949) dan skala persepsi terhadap kualitas sistem (33 aitem valid, α = 0,920). Hasil penelitian menunjukkan angka koefisien korelasi (r xy ) sebesar 0,669 dengan p = 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap kualitas sistem dengan intensi membeli. Semakin positif persepsi pegawai terhadap kualitas sistem situs web Tokobagus.com maka, akan semakin tinggi intensi untuk membeli di situs web tersebut, begitupun sebaliknya. Variabel persepsi terhadap kualitas sistem memberikan sumbangan efektif sebesar 44,8%, dan sisanya sebesar 55,2% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {18--27} doi = {10.14710/empati.2014.7476}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7476} }
Refworks Citation Data :
Perkembangan internet yang pesat membawa perubahan bagi konsumen di Indonesia dimana saat ini mereka mulai tertarik melakukan pembelian secara online, salah satunya ialah melalui media situs web. Intensi membeli melalui situs web adalah niat atau keinginan yang mengarahkan seseorang untuk melakukan pembelian di situs web yang ditunjukkan melalui proses pengambilan keputusan dan pemanfaatan sumber daya yang ada. Persepsi terhadap kualitas sistem adalah penilaian seseorang secara kognisi dan afeksi terhadap kemampuan situs web dalam memproses informasi berdasarkan spesifikasi sesuai lebih banyak berdasarkan spesifikasi yang telah ditentukan seperti harapannya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kualitas sistem dengan intensi membeli melalui situs web Tokobagus.com pada pegawai Pemerintah Kota Semarang Bagian Sekretariat Daerah. Jumlah pegawai yang menjadi sampel penelitian ialah 93 orang, yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skala psikologi berupa skala intensi membeli (37 aitem valid, α = 0,949) dan skala persepsi terhadap kualitas sistem (33 aitem valid, α = 0,920).
Hasil penelitian menunjukkan angka koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,669 dengan p = 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap kualitas sistem dengan intensi membeli. Semakin positif persepsi pegawai terhadap kualitas sistem situs web Tokobagus.com maka, akan semakin tinggi intensi untuk membeli di situs web tersebut, begitupun sebaliknya. Variabel persepsi terhadap kualitas sistem memberikan sumbangan efektif sebesar 44,8%, dan sisanya sebesar 55,2% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University