IDENTITAS MORAL DITINJAU DARI SCHOOL ATTACHMENT DAN PERBEDAAN JENIS SEKOLAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Amalia Fauziah, Frieda NRH

Abstract


Idealnya, orang yang berpendidikan yang tinggi memiliki moralitas yang baik. Akan tetapi, fakta mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara pendidikan dengan moralitas. Moralitas hanya nilai normatif yang tidak berkaitan dengan pendidikan dan perilaku. Kesenjangan tersebut dijawab oleh identitas moral yang berusaha memahami moral action dilakukan seperti apa yang dipikirkan dan dirasakan orang.

Pendidikan atau sekolah adalah satu lingkungan pembentuk moralitas. Dengan teori model pembentukan identitas moral dari Matsuba et al (2011), school attachment menjadi faktor utama pembentukan identitas moral pada anak usia praremaja (earlyadolescence).

Penelitian ini berusaha untuk mengetahui korelasi antara identitas moral dengan school attachment dan mengetahui perbedaan antara SDN dengan SDI. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala likert pada 559 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage cluster sampling dengan mengambil 10% SD dari total 168 SD berakreditasi A di Kota Semarang.

Sebagian besar siswa menunjukkan identitas moral dan school attachment yang baik meskipun menujukkan skor yang sedikit pada dua aspek yang berkaitan dengan guru. Pada populasi SDN, 35,8% identitas moral dipengaruhi oleh school attachment sedangkan pada SDI menunjukkan 30,9%. Penelitian ini menunjukkan bahwa role model dari guru dan kegiatan bermuatan sosial menjadi aspek yang penting untuk membangun identitas moral siswa.


Keywords


Identitas Moral, School Attachment, Sekolah Dasar, Jenis Sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats