skip to main content

IDENTITAS MORAL DITINJAU DARI SCHOOL ATTACHMENT DAN PERBEDAAN JENIS SEKOLAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 19 Jan 2014.

Citation Format:
Abstract

Idealnya, orang yang berpendidikan yang tinggi memiliki moralitas yang baik. Akan tetapi, fakta mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara pendidikan dengan moralitas. Moralitas hanya nilai normatif yang tidak berkaitan dengan pendidikan dan perilaku. Kesenjangan tersebut dijawab oleh identitas moral yang berusaha memahami moral action dilakukan seperti apa yang dipikirkan dan dirasakan orang.

Pendidikan atau sekolah adalah satu lingkungan pembentuk moralitas. Dengan teori model pembentukan identitas moral dari Matsuba et al (2011), school attachment menjadi faktor utama pembentukan identitas moral pada anak usia praremaja (earlyadolescence).

Penelitian ini berusaha untuk mengetahui korelasi antara identitas moral dengan school attachment dan mengetahui perbedaan antara SDN dengan SDI. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala likert pada 559 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage cluster sampling dengan mengambil 10% SD dari total 168 SD berakreditasi A di Kota Semarang.

Sebagian besar siswa menunjukkan identitas moral dan school attachment yang baik meskipun menujukkan skor yang sedikit pada dua aspek yang berkaitan dengan guru. Pada populasi SDN, 35,8% identitas moral dipengaruhi oleh school attachment sedangkan pada SDI menunjukkan 30,9%. Penelitian ini menunjukkan bahwa role model dari guru dan kegiatan bermuatan sosial menjadi aspek yang penting untuk membangun identitas moral siswa.

Fulltext View|Download
Keywords: Identitas Moral, School Attachment, Sekolah Dasar, Jenis Sekolah

Article Metrics:

  1. Atkins, Robert, Hart, Daniel, & Donnely, Thomas M. 2008. Moral Identity Development and School Attachment in Lapsley, Daniel K & Narvaez, Darcia (Eds). Moral Development, Self, and Identity. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers
  2. Aquino, Karl & Reed II, Americus. 2002. The Self Importance of Moral Identity. Journal of Personality and Social Psychology, 83, 6, 1423-1440
  3. Bergin, Christi Crosby & Bergin, David Allen. 2012. Child & Adolescent Development in Your Classroom. Belmont: Thomson Wadsworth
  4. Bergman, Roger. 2004. Identity as Motivation: Toward a Theory of the Moral Self. In Lapsley, Daniel K. & Narvaez, Darcia (Eds). Moral Development, Self, and Identity. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Pulishers
  5. Berns, Roberta M. 2007. Child, Family, Community: Socialization and Support, Seventh Edition. Belmont: Thomson Wadsworth
  6. Cervone, Daniel & Tripathi, Rithu. 2009. The Moral Functioning of The Person as a Whole: On Moral Psychology and Personality Science. In Narvaez, Darcia & Lapsley, Daniel K (Eds). Personality, Identity, and Character: Exploration in Moral Psychology. Cambridge: Cambridge University Press
  7. Hardy, Sam A. (2010, September). Moral Identity: Moving toward Better Understanding the Moral Judgment – Action Gap (8 paragraf). Society on Research Adolescence (Online serial). Available HTP; Hostname: www.s-r-a.org. Directory: https://www.s-r-a.org/announcements/online-newsletter/2010-09-02-moral-identity-moving-toward-better-understanding-moral-j
  8. Hardy, Sam A & Carlo, Gustavo. 2005. Identity as Source of Moral Motivation in Human Development, 48, 232-256. Basel: Karger
  9. Hardy, Sam A & Carlo, Gustavo. 2011. Moral Identity: What Is It, How Does It Develop, and Is It Linked to Moral Action. In Eisenberg, Nancy (Eds), Children Development Perspectives Vol 5 Issue 3. Hoboken: Wiley
  10. Hart, D., Atkins, R., & Donnelly, T.M. 2006. Community Service and Moral Development. In Killen, M. & Smetana, J.G. (Eds). Handbook of Moral Development. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc, Publisher
  11. Henry, K.L. & Slater, M.D. 2007. The Contextual Effect of School Attachment on Young Adolescents’ Alcohol Intentions. Journal of School Health Vol 77 No.)
  12. Hill, Laura Griner & Werner, Nicole E. 2006. Affiliative Motivation, School Attachment, and Aggression in School. Psychology in the School Vol 43 No.2. Wiley
  13. Libbey, Heather P. 2004. Measuring Student Relationship to School: Attachment, Bonding, Connectedness, and Engagement. Journal of School Health, Vol 74 No.7
  14. Matsuba, M. Kyle., Murzyn, Theresa., & Hart, Daniel. 2011. A Model of Moral Identity: Application for Education, in Benson, Jansen (Eds). Advances Child Development and Behaviour Vol 40. Burlington: Elsevier
  15. McLaughlin, Collen & Clarke, Barbie. 2010. Relational Matters: A Review of the Impact of School Experience on Mental Health in Early Adolescence, Educational & Child Psychology Vol 27 No.1. The British Psychological Society
  16. Mouton, S.G., Hawkins, J., McPherson, R.H., & Copley, J. 1996, September. School Attachment: Perspective of Low-attached High School Student. Educational Psychology Vol 16 No.3
  17. Narvaez, Darcia & Lapsley, Daniel K. 2009. Moral Identity, Moral Functioning, and the Development of Moral Character. Psychology of Learning and Motivation Vol 50. Elsevier
  18. Santoso, Agung. 2010. Statistik untuk Psikologi dari Blog menjadi Buku. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma
  19. Santoso, Singgih. 2012. Aplikasi SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  20. Stes, Jan E. & Carter, Michael J. 2006. The Moral Identity: A Principle Level Identity, in McClelland, Kent and Fararo, Thomas J (Eds). Control System Theories in Sociology. New York: Palgrave Macmilan
  21. Weiler, Michelle L. 2011. School Attachment and The Use of Alcohol among Rural High School Students. Masters Theses. Paper 611. http://thekeep.eiu.edu/theses/611

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.