HUBUNGAN ANTARA LEADER MEMBER EXCHANGE (LMX) DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA KARYAWAN PT PLN DISTRIBUSI JAWA TENGAH DAN D.I.Y

Galih Satrio Sembodo, Frieda NRH

Abstract


Sumber daya manusia yang berkualitas memiliki peranan besar dalam menentukan tercapainya tujuan perusahaan. Karyawan memiliki keterlibatan penuh dan antusias terhadap pekerjaannya merupakan individu yang memiliki employee engagement yang tinggi. Employee engagement adalah sikap positif karyawan terhadap perusahaan yang mencakup hubungan emosional dan intelektual yang tinggi pada pekerjaan, organisasi, manajer atau rekan kerja, sehingga karyawan dapat termotivasi untuk memberikan performansi yang lebih tinggi. Pembentukan dan pengembangan karyawan dengan employee engagement menjadi tanggung jawab pemimpin melalui sejumlah pendekatan yang dilakukan sehingga pada akhirnya karyawan akan mengoptimalkan sikap dan perilaku kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara Leader Member Exchange (LMX) dengan employee engagement pada karyawan PT. PLN Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Y.

Populasi penelitian ini yaitu karyawan tetap PT. PLN Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Y sebanyak 133 karyawan. Sampel penelitian sebanyak 80 karyawan, sampel diambil dengan menggunakan teknik proportional sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah Skala Psikologi yaitu Skala Employee Engagement (20 aitem valid,  α = 0.903) dan Leader Member Exchange (20 aitem valid, α = 0.923).

            Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0.499 dengan p=0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan positif antara leader member exchange dengan employee engagement. Semakin tinggi leader member exchange maka semakin tinggi employee engagement. Leader member exchange memberikan sumbangan efektif sebesar 24,9% pada employee engagement dan sebesar 75,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Employee engagement, leader member exchange, karyawan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats