skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS SISTEM DENGAN INTENSI MEMBELI MELALUI SITUS WEB TOKOBAGUS.COM PADA PEGAWAI PEMERINTAH KOTA SEMARANG BAGIAN SEKRETARIAT DAERAH

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 19 Jan 2014.

Citation Format:
Abstract

Perkembangan internet yang pesat membawa perubahan bagi konsumen di Indonesia dimana saat ini mereka mulai tertarik melakukan pembelian secara online, salah satunya ialah melalui media situs web. Intensi membeli melalui situs web adalah niat atau keinginan yang mengarahkan seseorang untuk melakukan pembelian di situs web yang ditunjukkan melalui proses pengambilan keputusan dan pemanfaatan sumber daya yang ada. Persepsi terhadap kualitas sistem adalah penilaian seseorang secara kognisi dan afeksi terhadap kemampuan situs web dalam memproses informasi berdasarkan spesifikasi sesuai lebih banyak berdasarkan spesifikasi yang telah ditentukan seperti harapannya

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kualitas sistem dengan intensi membeli melalui situs web Tokobagus.com pada pegawai Pemerintah Kota Semarang Bagian Sekretariat Daerah. Jumlah pegawai yang menjadi sampel penelitian ialah 93 orang, yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skala psikologi berupa skala intensi membeli (37 aitem valid, α = 0,949) dan skala persepsi terhadap kualitas sistem (33 aitem valid, α = 0,920).

            Hasil penelitian menunjukkan angka koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,669 dengan p = 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap kualitas sistem dengan intensi membeli. Semakin positif persepsi pegawai terhadap kualitas sistem situs web Tokobagus.com maka, akan semakin tinggi intensi untuk membeli di situs web tersebut, begitupun sebaliknya. Variabel persepsi terhadap kualitas sistem memberikan sumbangan efektif sebesar 44,8%, dan sisanya sebesar 55,2% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: persepsi terhadap kualitas sistem, intensi membeli, pegawai.

Article Metrics:

  1. Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality, and behavior (2nd Edition). New York: Open University Press
  2. Cheung, C. M. K., & Lee, M. K. O. (2005). Research framework for consumer satisfaction with internet shopping. Sprouts: Working Papers on Information Systems, 5(26), 1-18
  3. Delafrooz, N., Paim, L. H., & Khatibi, A. (2011). Understanding consumer’s internet purchase intention in malaysia. African Journal of Business Management, 5(3), 2837-2846
  4. DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The delone and mclean model of information systems success: a ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9-30
  5. Dwivedi, Y. K., Wade, M. R., & Schneberger, S. L. (2012). Information system quality : explaining and predicting our digital society (Vol. 1). New York: Springer
  6. Huang Kuan, H., Woo Bock, G., & Vathanophas, V. (2008). Comparing the effects of website quality on customer initial purchase and continued purchase at e-commerce websites. Behaviour & Information Technology, 2(1), 03-16
  7. Kim, J., Lee, H. C., & Kim, H. J. (2004). Factors affecting online search intention and online purchase intention. Seoul Journal of Business, 10(2), 27- 48
  8. Ko, H., Jung, J., Kim, J. Y., & Shim, S. W. (2004). Cross-cultural differences in perceived risk of online shopping. Journal of Interactive Advertising, 4(2), 20-29
  9. Kompas. (2012). 2013, Pengguna internet indonesia bisa tembus 82 juta. Diunduh pada tanggal 04 Maret 2013 dari http://tekno.kompas.com/read/ 2012/12/13/10103065/2013.pe ngguna.internet.indonesia.bisa. tembus.82.juta
  10. Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran jilid 1 (Edisi 8). Jakarta: Erlangga
  11. Ling, K. C., Chai, L. T., & Piew, T. H. (2010). The effects of shopping orientations, online trust and prior online purchase experience toward customers’ online purchase intention. International Business Research, 3(3), 63-76
  12. Lee, Y., & Kozar, K. A. (2006). Investigating the effect of website quality on e-business success: an analytic hierarchy process (ahp) approach. Decision Support Systems, 42(3), 1383-1401
  13. Peter, J. P., & Olson, J. C. (2003). Consumer behavior : perilaku konsumen dan strategi pemasaran (Edisi 4). Jakarta: Erlangga
  14. Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
  15. Sukmana, O. (2003). Dasar-dasar psikologi lingkungan. Malang: Bayu Media, UMM Press
  16. Sumarwan, U. (2004). Perilaku konsumen : teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia
  17. Wikipedia. (2013). Belanja daring. Diunduh pada tanggal 04 Maret 2013 dari http://id.wikipedia.org/wiki/B
  18. Yaseen, N., Tahira, M., Gulzar, A., & Anwar, A. (2011). Impact of brand awareness, perceived quality and customer loyalty on brand profitability and purchase intention: a resellers’ view. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, 3(8), 833-839
  19. Yea Lin, C., Fang, K., & Chung Tu, C. (2010). Predicting consumer repurchase intentions to shop online. Journal Of Computers, 5(10), 1527-1533
  20. Yulihasri, Islam, M. A., & Daud, K. A. K. (2011). Factors that influence customers’ buying intention on shopping online. International Journal of Marketing Studies, 3(1), 128- 139

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.