skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN INTENSI MEMBELI TABLET PC PADA MAHASISWA ANGKATAN 2012 PROGRAM STUDI PETERNAKAN FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERTANIAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Oct 2013.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan intensi membeli tablet PC pada mahasiswa angkatan 2012 Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro.

Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif angkatan 2012 Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro yang memiliki pengetahuan tentang tabet PC tapi tidak memiliki pengalaman kepemilikan tablet PC. Subjek penelitian berjumlah 101 orang, yang diperoleh melalui teknik sampling simpel random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala intensi membeli (33 aitem valid α=0,916) dan skala konformitas (20 aitem valid α=0,866).

Hasil analisis data dengan metode analisis regresi sederhana dengan bantuan pogram SPSS 16.00 diperoleh hasil rxy=0,249 dan p=0,012 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara konformitas dengan intensi membeli tablet PC. Semakin positif konformitas maka semakin tinggi pula intensi membeli tablet PC. Sebaliknya, semakin negatif konformitas maka semakin rendah pula intensi membeli tablet PC. Hipotesis dalam penelitian dapat diterima. Efektifitas regresi konformitas ditunjukkan oleh angka 0,062. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dalam penelitian ini konformitas mempengaruhi intensi membeli sebesar 6,2%, kemudian 93,8% tersebut adalah faktor lain di luar penelitian yang berpengaruh terhadap intensi membeli tablet PC pada mahasiswa angkatan 2012 Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian.

Fulltext View|Download
Keywords: remaja, konformitas, intensi membeli tablet PC

Article Metrics:

  1. Ajzen, I. 2005. Attitude, Personality, and Behavior 2nd Edition. New York : The Mc. Graw Hill Inc
  2. Anonim. 2012. Wow, penjualan Tablet di RI melonjak 248 %. Kabarbisnis. [Online]. Tersedia : http://www.kabarbisnis.com/read/2834712 [20 Februari 2013]
  3. Dharmmesta, S. B., Handoko, H. 2000. Manajemen Pemasaran : Analisa perilaku Konsumen edisi pertama. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta
  4. Intel. 2012. Apakah Tablet PC ? [Online]. Tersedia : http://beforeyoubuypc.intel.co.id/articles/a-guide-to-tablets [ 18 Mei 2013]
  5. Kotler, P. 2002. Marketing Manajemen 10th Edition. Alih Bahasa : Teguh, H., Rusli, R. A., Molan, B. Jakarta : PT. Prenhallindo
  6. McKenna, K.Y.A. 2005. Influence on Nature and Functioning of Online Group. Journal of Psychological Aspects of Cyberspace, 235-239
  7. Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono,S.R. 2006. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  8. Mowen, J.C., Minor, M. 2002. Consumer Behavior 5th Edition. New Jersey : Prentice-Hall International Inc
  9. O’ Sears, D & Peplau, L.A. 1994. Psikologi Sosial. Alih Bahasa: Michael, A. Jilid kedua. Jakarta: Erlangga
  10. Santoso, Imam. (2012, 12 Desember). Pengguna Internet Indonesia 2012 Capai 63 Juta Orang. Antaranews. [Online]. Tersedia : http://www.antaranews.com/berita/348186/pengguna-internet-indonesia2012-capai-63-juta-orang
  11. Santrock, J.W. 2003. Adolenscence, Perkembangan Remaja. Alih bahasa : Adelar S.B., Saragih, S. Jakarta : Erlangga
  12. Schiffman, L.G., Kanuk, L.L. 2000. Consumer Behavior. New Jersey : Pearson Education-Prentice Hall Inc
  13. Winarsunu, T. 2009. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang : UMM Press
  14. Zebua, Albertina Sady, dan Rostiana D Nurdjayadi. 2001. Hubungan antara Konformitas dan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri. Jurnal Phroneses. Vol 3, No 6

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.