skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GAYA MENGAJAR DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 5 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Oct 2013.

Citation Format:
Abstract

Salah satu cara agar dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan bernalar yang efektif yaitu dengan berprestasi pada mata pelajaran matematika. Proses belajar-mengajar pelajaran matematika dipengaruhi oleh pola interaksi antara guru, materi dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara persepsi terhadap gaya mengajar dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 5 Semarang. Motivasi berprestasi pada mata pelajaran matematika merupakan dorongan dalam diri siswa untuk mencapai taraf prestasi yang diinginkan pada mata pelajaran matematika. Persepsi gaya mengajar adalah penilaian terhadap konsep pengajaran dan pembelajaran dari guru yang khas bagi siswa setiap kali mengajar.

Populasi pada penelitian berjumlah 403 siswa kelas XI SMA Negeri 5 Semarang dengan subjek penelitian berjumlah 186 siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan teknik cluster random sampling, dengan alat ukur berupa Skala Motivasi Berprestasi Pada Mata Pelajaran Matematika yang terdiri dari 28 aitem (α = 0,907) dan Skala Persepsi Terhadap Gaya Mengajar yang terdiri dari 38 aitem (α = 0,903).

Hasil analisis data dengan menggunakan uji statistik parametrik, teknik analisis regresi sederhana, didapatkan koefisien korelasi rxy = 0,271 dengan signifikansi p = 0,000, menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi terhadap gaya mengajar dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 5 Semarang, sehingga membuktikan hipotesis penelitian dapat diterima. Semakin positif persepsi terhadap gaya mengajar guru maka semakin tinggi motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran matematika, demikian juga sebaliknya. Variabel persepsi terhadap gaya mengajar memiliki sumbangan efektif sebesar 7,4% terhadap variabel motivasi berprestasi pada mata pelajaran matematika.
Fulltext View|Download
Keywords: Motivasi Berprestasi, Persepsi, Gaya Mengajar, Mata Pelajaran Matematika, Siswa SMA

Article Metrics:

  1. Ahmad, I., & Rana, S. (2012). Affectivity, achievement motivation, and academic performance in college students. Pakistan Journal of Psychological Research, 27(1), 107-120
  2. Akin, A. (2012). Achievement goal orientations and math attitudes. Studia Psyhologica, 54(3), 237-249.Coon, D., & Mitterer, J. O. (2006). Introduction to psychology: Gateways to mind and behavior. Stamford, CT: Cengage Learning
  3. Coon, D., & Mitterer, J. O. (2006). Introduction to psychology: Gateways to mind and behavior. Stamford, CT: Cengage Learning
  4. Coren, S., Ward, L. M., & Enns, J. T. (1999). Sensation and perception (5th ed.). New York: Harcourt College Publisher
  5. Dalyono, M. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  6. Djaali, H. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  7. Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  8. Fajri, A. N. (2012). Ujian nasional SMA: nilai siswa jatuh di bidang bahasa indonesia & matematika. Diperoleh dari website Bisnis Indonesia: http://www.bisnis.com/ujian-nasional-sma-nilai-siswa-jatuh-di-bidangbahasa-indonesia-and-matematika
  9. Fu, J. (2011). The relationships among self-efficacy, achievement motivation, and work values for regular four-year university students and community college students in China. Dissertation. Urbana: University of Illinois
  10. Grasha, A. F. (2002). Teaching with style. San Bernadino: Alliance Publishers
  11. Hawadi, R. A. (2001). Psikologi perkembangan anak; mengenal sifat, bakat dan kemampuan anak. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
  12. Hughes, G. B. (2009). Students’ perceptions of teaching styles in mathematics learning evironments. Mathematics Teaching-Research Journal Online, 3(2), 1-12
  13. Irwanto, Elia, H., Hadisoepadmo, A., Priyani, M. J. R., Wismanto, Y. B., & Fernandes, C. (2002). Psikologi umum. Jakarta: PT. Prenhallindo
  14. Lin, R., Xie, J., Jeng, Y. C., & Huang, S. (2010). The relationship between teacher quality and teaching effectiveness perceived by students from industrial vocational high schools. Asian Journal of Art and Siences, 1(2), 167-187
  15. Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran. (edisi ke-12) (jilid I). Alih bahasa: Benyamin Molan. Jakarta: Indeks
  16. Moore, L. L., Grabsch, D. K., & Rotter, C. (2010). Using achievement motivation theory to explain student participation in a residential leadership learning community. Journal of Leadership Education, 9, 22-34
  17. Mulyasa, E. (2004). Kurikulum berbasis kompetensi: konsep, karakteristik, dan implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  18. Munandar, S. C. U. (2004). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
  19. Organisation for Economic Cooperation and Development ( http://www.oecd.org)
  20. Peklaj, C., Kalin, J., Pecjak, S., Zuljana, M. V., & Levpuscek, M. P. (2012). Perceptions of teachers’ goals in classroom, students’ motivation and their maladaptive behavior as predictors of high school math achievement. Studia Psychologica, 54(4), 329-344
  21. Reeve, J. (2006). Teachers as facilitators: what autonomy-supportive teachers do and why their students benefit. The Elementary School Journal, 106(3), 225-236
  22. Sarwono, S. W. (2002). Psikologi sosial: individu dan teori-teori psikologi sosial. Jakarta: Balai Pustaka
  23. Santrock, J. W. (2003). Adolescence: perkembangan remaja. Alih bahasa: Shinto B. Adelar, Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga
  24. Santrock, J. W. (2009). Psikologi pendidikan, (edisi 3) (buku 2). Alih bahasa: Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika
  25. Sucipto, A. (2010). Belajar matematika bukan menghapal rumus. Diperoleh dari website Kompas: http://edukasi.kompas.com/read/2010/07/20/1440457/Belajar.Matematika.Bu kan.Menghapal.Rumus
  26. Suparno, P., Rohandi, R., Sukandi, G., & Kartono. (2006). Reformasi pendidikan sebuah rekomendasi (cetakan ke-6). Yogyakarta: Kanisius
  27. Tella, A. (2007). The impact of motivation on students‘s academic achievement and learning outcomes in mathematics among secondary school students in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(2), 149-156
  28. Webadmin. (2012). Study reveals indonesian students flunk math, science. Diperoleh dari website Jakarta Globe: http://www.thejakartaglobe.com/archive/studyreveals-indonesian-students flunk-math-science/

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.