skip to main content

KEPUASAN KERJA DI TINJAU DARI STRES KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN MARKETING DI PT NEW RATNA MOTOR “NASMOCO GROUP” SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Pada dunia organisasi industri, karyawan telah dipandang sebagai sumber daya yang sangat penting dan perlu mendapat perhatian khusus, karena dapat menentukan tercapainya tujuan organisasi. Tujuan organisasi tidak akan tercapai apabila tidak didukung oleh kepuasan kerja karyawan,  di sisi lain demi tercapainya tujuan tersebut, karyawan juga dituntut untuk bekerja lebih giat, disertai dengan tuntutan yang dapat memicu munculnya stres kerja pada karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres kerja dengan kepuasan kerja pada karyawan bagian marketing PT New Ratna Motor atau “Nasmoco Group” semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah 122 karyawan dan jumlah sampel penelitian 92 karyawan. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala Kepuasan Kerja terdiri dari 36 aitem (ɑ = 0,920) dan Skala Stres Kerja terdiri dari 34 aitem (ɑ = 0,943). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan  adanya hubungan negatif dan sangat signifikan antara stress kerja dengan kepuasan kerja yang ditunjukkan oleh angka analisis regresi F = 23,278 ; p = 0,000 ( p < 1% ),  dan pada variabel stres kerja menunjukkan hasil t = - 4,825 ( p < 0,01), sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan negatif antara stres kerja dengan kepuasan kerja karyawan bagian marketing di PT New Ratna Motor Semarang dapat diterima

Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara stres kerja dengan kepuasan kerja pada karyawan bagian marketing di PT New Ratna Motor “Nasmoco Group” Semarang, yang artinya bahwa semakin rendah  stres kerja yang dialami maka akan semakin tinggi kepuasan kerja yang dirasakan, begitupun sebaliknya. Sumbangan efektif stres kerja terhadap kepuasan kerja sebesar 26,8 %  sedangkan 73,2 % ditentukan oleh  faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: Kepuasan Kerja, Stres Kerja, Karyawan bagian marketing Nasmoco Semarang

Article Metrics:

  1. Adi, W.A. 2000 “Analisis stres dan pengaruhnya terhadap kinerja pengusaha industri kecil (studi kasus pada sentra industri konveksi di kecamatan Wedi kabupaten Klaten)” KOGNISI Majalah Ilmiah Psikologi Vol 4 10-19
  2. Almigo,N. (2004). Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal PSYCHE. Volume 1 No. 1
  3. Azwar, Syaifudin. (2005). Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
  4. Gibson, Ivancevich, Donnely.(1990). Organizations Behaviour , Structure & Processing. Tenth Edition (Terjemahan), PT. Gelora Aksara Pratama: Jakarta
  5. Gibson, Ivancevich, Donnely.(2000). Organizations Behaviour , Structure & Processing. Tenth Edition (Terjemahan), PT. Gelora Aksara Pratama: Jakarta
  6. Munandar, A. S. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
  7. Robbinss Stephen P. (1996). Organizational Behavior (Terjemahan) Jilid 2, Edisi Ketujuh, PT. Bhuana Ilmu Populer, Jakarta
  8. Siswanto, (2010). Kesehatan Mental. Andi, Yogyakarta
  9. Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.