skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN EFIKASI DIRI GURU RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMA NEGERI 1 PURWODADI

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Kemampuan mengajar guru bergantung pada keyakinan guru terhadap kemampuan yang dimiliki, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Tugas guru tidak hanya mengajar namun juga mendidik siswa, dimana semua tugas tersebut melibatkan emosi. Guru membutuhkan kecerdasan emosional tinggi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan emosional dengan Efikasi Diri Guru Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMA Negeri 1 Purwodadi. Populasi dalam penelitian adalah guru SMA Negeri 1 Purwodadi, dengan populasi yang berjumlah 62 guru. Karakteristik subjek dalam penelitian ialah tercatat secara resmi sebagai guru disekolah bersangkutan dan minimal telah mengajar selama 1 tahun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah teknik sampling jenuh.

Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala, yaitu skala Kecerdasan Emosional dan skala Efikasi Diri Guru. Skala Kecerdasan Emosional terdiri atas 37 aitem valid (α = 0,939) dan skala Efikasi Diri Guru terdiri atas 26 aitem valid (α = 0,932).

Analisis data dalam penelitian menggunakan metode analisis regresi sederhana dengan menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,777 dan p=0,000 (p<0,05). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan efikasi diri guru. Semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi efikasi diri guru. Sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin rendah efikasi diri guru. Koefisien determinasi sebesar 0,603 menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 60,3%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa terdapat faktor lain 39,7% yang juga ikut berperan mempengaruhi efikasi diri guru yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri Guru, SMA RSBI

Article Metrics:

  1. Ahmad, S., Bangash, H., Khan, S. 2009. Emotional Intelligence And Gender Differences. Vol 25, No 1. 127-130
  2. Baron, R.A & Bryne, B.D. 2004. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga
  3. Depdiknas. 2010. Panduan Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional. Semarang: Dinas Kependidikan
  4. Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar. Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Fitri, K.N & Zulkaida, A. Hubungan Antara Self Efficacy Belief dengan Kecerdasan Emosional Dalam Penyelesaian Tugas Akhir Pada Mahasiswa . vol 4, No. 1, 84-90
  6. Goleman, D. 2007. Working With EI: Kecerdasan Emsional Untuk Mencari Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  7. Goleman, D. 2008. Working With EI: Kecerdasan Emsional Untuk Mencari Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  8. Khursid, F., Qasmi, F.N., Ashraf, N. 2012. The Relationship Between teacher’s Self Efficacy And Their Perceived Job Performance. Interdisciplinery Journal of Contemporary Research Business. Vol 3, No 10
  9. Nikoopour, J., Farsani, M.A., Tajbaksh, M., Kiyaie, S.H. 2011. The relationship between trait emotional intelligence and self-efficacy among Iranian EFL teachers. International Conference on Languages, Literature and Linguistics. Vol. 26, 250-255
  10. Ormrod, J.E. 2008. Psikologi Pendidikan. Jilid 2. Jakarta: Erlangga
  11. Pajares, F & Urdan, T. 2006. Self Efficacy Beliefs of Adolescents. Greenwich: Information Aye Publishing
  12. Triwiyanto, T dan Sobri, A. 2010. Panduan Mengelola Sekolah Bertaraf Internasional. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
  13. Woolfolk, A. 2009. Educational Psychology Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  14. http://m.jpnn.com/news.php?id=7750 3, diakses pada Rabu 5 Juni, 2013

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.