Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7325, author = {Agesti Arinda and Imam Setyawan}, title = {HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN EFIKASI DIRI GURU RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMA NEGERI 1 PURWODADI}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {2}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri Guru, SMA RSBI}, abstract = { Kemampuan mengajar guru bergantung pada keyakinan guru terhadap kemampuan yang dimiliki, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Tugas guru tidak hanya mengajar namun juga mendidik siswa, dimana semua tugas tersebut melibatkan emosi. Guru membutuhkan kecerdasan emosional tinggi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan emosional dengan Efikasi Diri Guru Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMA Negeri 1 Purwodadi. Populasi dalam penelitian adalah guru SMA Negeri 1 Purwodadi, dengan populasi yang berjumlah 62 guru. Karakteristik subjek dalam penelitian ialah tercatat secara resmi sebagai guru disekolah bersangkutan dan minimal telah mengajar selama 1 tahun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala, yaitu skala Kecerdasan Emosional dan skala Efikasi Diri Guru. Skala Kecerdasan Emosional terdiri atas 37 aitem valid (α = 0,939) dan skala Efikasi Diri Guru terdiri atas 26 aitem valid (α = 0,932). Analisis data dalam penelitian menggunakan metode analisis regresi sederhana dengan menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,777 dan p=0,000 (p<0,05). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan efikasi diri guru. Semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi efikasi diri guru. Sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin rendah efikasi diri guru. Koefisien determinasi sebesar 0,603 menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 60,3%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa terdapat faktor lain 39,7% yang juga ikut berperan mempengaruhi efikasi diri guru yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {243--251} doi = {10.14710/empati.2013.7325}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7325} }
Refworks Citation Data :
Kemampuan mengajar guru bergantung pada keyakinan guru terhadap kemampuan yang dimiliki, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Tugas guru tidak hanya mengajar namun juga mendidik siswa, dimana semua tugas tersebut melibatkan emosi. Guru membutuhkan kecerdasan emosional tinggi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan emosional dengan Efikasi Diri Guru Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMA Negeri 1 Purwodadi. Populasi dalam penelitian adalah guru SMA Negeri 1 Purwodadi, dengan populasi yang berjumlah 62 guru. Karakteristik subjek dalam penelitian ialah tercatat secara resmi sebagai guru disekolah bersangkutan dan minimal telah mengajar selama 1 tahun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah teknik sampling jenuh.
Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala, yaitu skala Kecerdasan Emosional dan skala Efikasi Diri Guru. Skala Kecerdasan Emosional terdiri atas 37 aitem valid (α = 0,939) dan skala Efikasi Diri Guru terdiri atas 26 aitem valid (α = 0,932).
Analisis data dalam penelitian menggunakan metode analisis regresi sederhana dengan menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,777 dan p=0,000 (p<0,05). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan efikasi diri guru. Semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi efikasi diri guru. Sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin rendah efikasi diri guru. Koefisien determinasi sebesar 0,603 menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 60,3%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa terdapat faktor lain 39,7% yang juga ikut berperan mempengaruhi efikasi diri guru yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University