HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN BAGIAN OHS PT. COCA-COLA BOTTLING INDONESIA SEMARANG PLANT

Siti Maesaroh, Harlina Nurtjahjanti

Abstract


Komitmen organisasi adalah kesediaan karyawan untuk mengidentifikasikan dirinya, menerima tujuan dan nilai-nilai organisasi serta bersedia untuk memberikan usaha dan kemampuan kepada organisasi demi tercapainya tujuan dan kelangsungan organisasi. Bersedianya karyawan dalam organisasi tersebut dapat ditumbuhkan dengan meningkatkan akan pentingnya sikap terhadap Alat Pelindung Diri (APD) untuk meminimalisir angka kecelakaan akibat kerja.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris korelasi antara sikap terhadap Alat Pelindung Diri (APD) dengan komitmen organisasi pada karyawan bagian OHS PT. Coca-cola Bottling Semarang Plant dan mengetahui besarnya sumbangan efektif sikap terhadap Alat Pelindung Diri (APD) pada komitmen organisasi. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan Bottle Washer bagian OHS PT. Coca-cola Bottling Semarang Plant. Jumlah subjek dalam Penelitian ini adalah 30 orang. Metode pengumpulan data dengan teknik sampling kuota. Alat pengumpulan data menggunakan skala psikologi, yaitu Skala Sikap Terhadap APD yang terdiri dari 24 aitem valid (α = 0,873), Skala Komitmen Organisasi yang terdiri dari 21 aitem valid (α = 0,856).

Hasil analisis data dengan metode analisis regresi sedehana dengan bantuan program SPSS versi 17.0 diperoleh hasil rxy= 0,564 dengan p= 0,001 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara sikap terhadap APD dengan komitmen organisasi pada karyawan Bottle Washer bagian OHS PT. Coca-cola Bottling Semarang Plant. Semakin positif sikap terhadap APD maka akan semakin tinggi komitmen organisasi. Sebaliknya, semakin negatif sikap terhadap APD maka akan semakin rendah pula komitmen organisasi. Hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Efektifitas regresi sikap terhadap APD ditunjukan oleh angka 0,318. Hasil tersebut menunjukan bahwa dalam penelitian ini sikap terhadap APD mempengaruhi komitmen organisasi sebesar 31,8%. Jadi masih ada 68,2% faktor lain yang berpengaruh terhadap komitmen organisasi pada karyawan Bottle Washer bagian OHS PT. Coca-cola Bottling Semarang Plant.


Keywords


Komitmen organisasi, sikap terhadap Alat Pelindung Diri (APD), karyawan bagian OHS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats