Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7371, author = {Nur Putri and Prasetyo Widodo}, title = {HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENGUNGKAPAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {2}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {dukungan sosial teman sebaya, pengungkapan diri, siswa}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan pengungkapan diri pada siswa kelas VII SMP N 01 Kajen kabupaten pekalongan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 01 Kajen kabupaten pekalongan. Sampel penelitian berjumlah 142 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan skala pengungkapan diri (34 aitem valid dengan α=0,873) dan skala dukungan sosial ( 29 aitem valid dengan α=0,904) yang telah diujicobakan pada 86 siswa kelas VII di SMP N 01 Kajen Kabupaten Pekalongan. Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai kofisien korelasi antara dukungan sosial teman sebaya dengan pengungkapan diri sebesar 0,390 dengan p=0,000 (p<0,005). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan pengungkapan diri pada siswa kelas VII SMP N 01 kajen kabupaten pekalongan dapat diterima. Nilai koefisien korelasi positif menunjukkan bahwa arah kedua variabel adalah positif, artinya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi pengungkapan diri. Hal tersebut berlaku pula sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah pengungkapan diri. Dukungan sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 15,2 % pada pengungkapan diri dan sebesar 84,8 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian. }, issn = {2829-1859}, pages = {476--485} doi = {10.14710/empati.2013.7371}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7371} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan pengungkapan diri pada siswa kelas VII SMP N 01 Kajen kabupaten pekalongan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 01 Kajen kabupaten pekalongan. Sampel penelitian berjumlah 142 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan skala pengungkapan diri (34 aitem valid dengan α=0,873) dan skala dukungan sosial ( 29 aitem valid dengan α=0,904) yang telah diujicobakan pada 86 siswa kelas VII di SMP N 01 Kajen Kabupaten Pekalongan.
Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai kofisien korelasi antara dukungan sosial teman sebaya dengan pengungkapan diri sebesar 0,390 dengan p=0,000 (p<0,005). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan pengungkapan diri pada siswa kelas VII SMP N 01 kajen kabupaten pekalongan dapat diterima.
Nilai koefisien korelasi positif menunjukkan bahwa arah kedua variabel adalah positif, artinya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi pengungkapan diri. Hal tersebut berlaku pula sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah pengungkapan diri. Dukungan sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 15,2 % pada pengungkapan diri dan sebesar 84,8 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University