skip to main content

Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Gejala Gangguan Somatisasi Pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Self-Regulated Learning (SRL) merupakan keseluruhan pikiran, perasaan, dan tindakan dari diri mahasiswa yang berorientasi terhadap tujuan yang ingin mereka capai. Gangguan somatisasi merupakan gangguan dengan gejala fisik tanpa adanya penyakit secara medis. SRL  sebagai bagan dari faktor alamiah yag relevan dengan somatisasi bersinggungan dengan stress pada mahasiswa skripsi akan menimbulkan gejala gangguan somatisasi yang diduga menjadi penghambat dan mengganggu proses belajarnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan gejala gangguan somatisasi pada mahasiswa skripsi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro berjumlah 85 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 75 mahasiswa, yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah Skala SRL (19 aitem α = 0, 868) yang telah diujicobakan terhadap 54 mahasiswa, Angket, dan Screening For Somatization Disorder (SOMS).

Hasil analisis data dengan metode korelasi Spearman rho menghasilkan koefisien korelasi sebesar -0,25 dengan p = 0,415. Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan negatif yang tidak signifikan antara self-regulated learning dengan gejala gangguan somatisasi. Berdasarkan hasil angket mahasiswa mengakui beberapa alasan ekternal penghambat penyelesaian skripsi yaitu: dosen, praktis penelitian, bekerja, referensi, hubungan interpersonal, dan sakit.

Fulltext View|Download
Keywords: Self-regulated learning, Gejala Gangguan Somatisasi, Mahasiswa Skripsi.

Article Metrics:

  1. American Psychiatric Association. (2005). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder Fourth edition Text Revision (DSM-IV-TR). Washington DC: American Psychiatric Association
  2. Andrews, B., & Hejdenberg, J. (2007). Stress in University Student. In G. Fink (Ed.), Encyclopedia of Stress (2nd ed., pp. 612-614). Academic Press
  3. Boekaerts, M., & Niemivirta, M. (2000). Self-Regulated Learning Finding a Balance Between Learning Goal and Ego-Protective Goal. In M. Boekaerts, P. R. Pintrich, & M. Zeidner (Eds.), Handbook of SelfRegulation (pp. 417-450). California: Academic Press
  4. Hadjam, M. N. (1989). Perbedaan Tingkat Somatisasi pada Mahasiswa Lakilaki dan Perempuan. Laporan Penelitian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarya
  5. Hilker, K. A. (2002). Somatic Complaints and Health Care. Disertasi, Louisiana State University, The Department of Psychology
  6. Kadhiravan, S., & Suresh, S. (2008). Self-regulated Behaviour at Work. (126- 131, Ed.) Journal of the Indian Academy of Applied Psychology , 34
  7. Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal (5 ed.). (R. Medya, & W. J. Kristiaji, Eds.) Jakarta: Erlangga
  8. Rief, W., & Hiller, W. (2008). SOMS ‐Screening für Somatoforme Störungen (2., vollständig überarbeitete und neu normierte Auflage). Scweiz: Hans Huber
  9. Rief, W., & Hiller, W. (2008). SOMS ‐Screening für Somatoforme Störungen (2., vollständig überarbeitete und neu normierte Auflage). Scweiz: Hans Huber
  10. Seeds, P. M. (2012). Interpretive Bias in The Context of Life Stress Generation adan Diathesis-Stress. Disertasi, The University of Western Ontario, Ontario
  11. Susanto, H. (2006). Mengembangkan Kemampuan Self Regulation untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur , th V (7), 64-71
  12. World Health Organization. (1992). The ICD-10 Classification of mental and behavioural disorders.Clinical descriptions and diagnostic guidelines. Geneva
  13. Yanthi, S. R. (2004). Hubungan antara Emotional Quotient (EQ) dengan Kecenderungan Somatisasi pada Mahasiswa Tingkat IV Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  14. Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology , 81 (3), 1-23

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.