skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN SIKAP TERHADAP HUBUNGAN SEKSUAL PRANIKAH PADA SISWA SMA NEGERI 8 PURWOREJO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan sikap terhadap hubungan seksual pranikah. Sikap terhadap hubungan seksual pranikah yaitu penilaian dalam diri individu yang memberi kesimpulan terhadap stimulus atau obyek, yang merupakan hasil interaksi dari komponen sikap terhadap segala aktivitas dan bentuk perilaku seksual yang dilakukan di luar ikatan perkawinan. Konsep diri merupakan evaluasi terhadap diri sendiri, serta penilaian individu terhadap pandangan orang lain pada dirinya yang berkaitan dengan hasil belajar dari pengalaman.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Purworejo berjumlah 200 orang, dengan karakteristik yaitu laki-laki dan perempuan yang berusia antara 15-18 tahun. Sampel pada penelitian ini berjumlah 90 orang, yang diperoleh melalui cluster random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala sikap terhadap hubungan seksual pranikah (38 aitem valid, α=0,919) dan skala konsep diri (42 aitem valid, α=0,923), yang telah diuji cobakan pada 90 siswa kelas XI SMA Negeri 8 Purworejo.

Analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisiensi korelasi sebesar -0,250 dan p=0,000 (p<0,05). Artinya terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara konsep diri dengan sikap terhadap hubungan seksual pranikah. Semakin tinggi konsep diri maka sikap semakin menolak terhadap hubungan seksual pranikah. Sumbangan efektif konsep diri terhadap sikap terhadap hubungan seksual pranikah sebesar 6,3%. Hal ini mengindikasikan bahwa ada faktor lain sebesar 93,7% yang juga ikut berperan mempengaruhi sikap terhadap hubungan seksual pranikah.

Fulltext View|Download
Keywords: konsep diri, sikap terhadap hubungan seksual pranikah, siswa SMA Negeri 8 Purworejo

Article Metrics:

  1. Burns, R. B. 2008. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  2. Burns, R. B. 2008. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
  3. Burns, R. B. 1993. Konsep Diri Teori, Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku. Alih bahasa: Eddy. Jakarta: Arcan
  4. Putri, A. F. 2012. Perbedaan Tingkat Religiusitas dan Sikap Terhadap Seks Pranikah Antara Pelajar yang Bersekolah di SMA Umum dan SMA Berbasis Agama. Surabaya: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya . 1 (1) 1-9
  5. Hurlock, E. B. 2003. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan SepanjangRentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga
  6. Sarwono, W.S. 2006. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  7. Santrock, J.W. 2007. Remaja Jilid 1: Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga
  8. Suryoputro A., Nicholas J.F., Zahroh S., 2006. Faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Seksual Remaja Di Jawa Tengah: Implikasinya Terhadap Kebijakan Dan Layanan Kesehatan Seksual Dan Reproduksi. Makara Kesehatan. 29 (1) 29-40. http://repository.ui.ac.id/ contents/koleksi/2/a7362JKoChhbi7qCySoruHAWp3bQL49Hhyo397c2.pdf (di akses pada tanggal 09 Mei 2012)
  9. Yuniati, R., Sukmawati, E. 2008. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Depresi Pada Remaja. Psikohumanika. 41 (1) 41-50. Surakarta: Universitas Setia Budi Surakarta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.