skip to main content

HARDINESS DI TEMPAT KERJA DITINJAU DARI DUKUNGAN SOSIAL REKAN KERJA PADA GURU SLB SE-KOTA SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Dinamika tugas dan kewajiban serta beban kerja yang melingkupi profesi guru SLB membuat guru SLB rentan terhadapt stres. Stres pada guru dapat menyebabkan kecemasan dan frustasi sehingga berakibat buruk terhadap performa mengajar (Shepherd, 2010). Hardiness mampu melindungi individu dari efek negatif stres yang dihadapi (Abery&Munafo, 2008). Salah satu yang mempengaruhi perkembangan hardiness adalah pengalaman unik (Irwanto, 2002). Pengalaman unik dapat berasal dari pengalaman-pengalaman bersama orang-orang di sekitar guru. Dukungan sosial dengan sesama dianggap menjadi aspek penting yang dapat memberikan kepuasan emosional (Taylor, 2009). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial rekan kerja dengan hardiness di tempat kerja pada guru SLB se-kota Semarang.

Total populasi dalam penelitian ini berjumlah 172 dengan sampel berjumlah 118 guru yang terebar di sembilan SLB di kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan dua buah skala, yaitu Skala Hardiness di Tempat Kerja dan Skala Dukungan Sosial Rekan Kerja. Skala Hardiness di Tempat Kerja terdiri dari 28 aitem dengan nilai α = 0,877. Sedangkan skala dukungan sosial rekan kerja terdiri dari 40 aitem dengan nilai α = 0,915.

Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,744 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial rekan kerja dengan hardiness di tempat kerja pada guru SLB se-kota Semarang. Artinya, semakin tinggi dukungan sosial yang didapat seorang guru dari rekan kerjanya maka semakin tinggi pula hardiness di tempat kerjanya. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,554 menunjukkan bahwa dukungan sosial rekan kerja memberikan sumbangan efektif sebesar 55,4 % pada hardiness di tempat kerja guru SLB se-kota Semarang. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa hardiness di tempat kerja guru SLB di kota Semarang berada pada level tinggi, demikian pula dengan dukungan sosial yang diterima dari rekan kerja.

Fulltext View|Download
Keywords: hardiness di tempat kerja, dukungan sosial rekan kerja, guru SLB

Article Metrics:

  1. Abery, I.P., Munafo, M. 2008. Key Concept in Health Psychology. London: Sage Publication
  2. Azwar, S. 2009. Penyususnan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Baron, R.A., Byrne, D. 2003. Social Psychology: Tenth Edition. Boston: Allyn and Bacon
  4. Cutrona, C.E., Russell, D.W. 1987. The Provision of Social Relationships and Adaptation to Stress. Advances in Personal Relationships, 1, 36-37
  5. Irwanto, dkk. 2002. Psikologi Umum. Jakarta: Prenhallindo
  6. Maddi, S.R. 2004. Hardiness: An Operationalization of Existential Courage. Journal of Humanistic Psychology, 44 (3), 279-298
  7. Peplau, L.A., Sears, D.O., Taylor, S.E. 1997. Social Psychology: Ninth Edition. New Jersey: Prentice Hall
  8. Sarafino, E.P. 2007. Health Psychology Biopsychosocial Interactions: Sixth Edition. New York: John Wiley & Sons
  9. Shepherd, T.L. 2010. Working with Students with Emotional and Behavioral Disorders. New Jersey: Pearson Prentice Hall
  10. Taylor, S. E. 2009. Health Psychology: Seventh Edition. New York: Mc Graw Hill

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.