Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI5378, author = {Rivda Nugraheni and Frieda N.R.H and Nofiar Putra}, title = {HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN PENGGUNA SEPATU MEREK LOKAL HOME INDUSTRY PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TENGAH}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {2}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {Kepercayaan Merek, Keputusan Membeli, Konsumen}, abstract = { Produk sepatu bermerek impor sudah membanjiri pusat-pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia. Kondisi ini diperparah dengan kurangnya minat dan ketertarikan masyarakat lokal untuk membeli produk asli Indonesia, seperti contoh pada hasil survey awal peneliti pada pegawai Dinperindag Provinsi Jateng dimana terdapat pegawai yang belum pernah sekalipun memakai merek sepatu home industry. Konsumen dapat menyikapi keberadaan merek lokal secara positif, namun tragisnya mereka lebih memilih untuk menggunakan merek asing. Secara teoritis, salah faktor yang mempengaruhi keputusan membeli adalah kepercayaan merek (brand trust) . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan merek (brand trust) dengan keputusan membeli konsumen pengguna sepatu merek lokal home industry pada Pegawai Negeri Sipil di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini melibatkan sampel yang berjumlah 122 orang dari total populasi sebanyak 223 orang PNS Dinperindag Provinsi Jateng, yang diperoleh melalui teknik p roportional random sampling . Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah Skala Kepercayaan Merek (Brand Trust) (35 aitem α = 0,948) dan Skala Keputusan Membeli (33 aitem α = 0,922) yang telah diujicobakan terhadap 42 orang pegawai. Hasil analisis data dengan metode analisis regresi sederhana menghasilkan koefisien korelasi (r xy ) sebesar 0,760 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan merek (brand trust) dengan keputusan membeli. Semakin tinggi kepercayaan merek maka semakin tinggi keputusan membeli, dan sebaliknya semakin rendah kepercayaan merek maka semakin rendah keputusan membeli konsumen. Sumbangan efektif kepercayaan merek terhadap keputusan membeli sepatu merek lokal home industry sebesar 57,8% dan sisanya sebesar 42,2% ditentukan oleh faktor-faktor lain. }, issn = {2829-1859}, pages = {184--195} doi = {10.14710/empati.2013.5378}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/5378} }
Refworks Citation Data :
Produk sepatu bermerek impor sudah membanjiri pusat-pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia. Kondisi ini diperparah dengan kurangnya minat dan ketertarikan masyarakat lokal untuk membeli produk asli Indonesia, seperti contoh pada hasil survey awal peneliti pada pegawai Dinperindag Provinsi Jateng dimana terdapat pegawai yang belum pernah sekalipun memakai merek sepatu home industry. Konsumen dapat menyikapi keberadaan merek lokal secara positif, namun tragisnya mereka lebih memilih untuk menggunakan merek asing. Secara teoritis, salah faktor yang mempengaruhi keputusan membeli adalah kepercayaan merek (brand trust). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan merek (brand trust) dengan keputusan membeli konsumen pengguna sepatu merek lokal home industry pada Pegawai Negeri Sipil di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Provinsi Jawa Tengah.
Penelitian ini melibatkan sampel yang berjumlah 122 orang dari total populasi sebanyak 223 orang PNS Dinperindag Provinsi Jateng, yang diperoleh melalui teknik proportional random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah Skala Kepercayaan Merek (Brand Trust) (35 aitem α = 0,948) dan Skala Keputusan Membeli (33 aitem α = 0,922) yang telah diujicobakan terhadap 42 orang pegawai.
Hasil analisis data dengan metode analisis regresi sederhana menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,760 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan merek (brand trust) dengan keputusan membeli. Semakin tinggi kepercayaan merek maka semakin tinggi keputusan membeli, dan sebaliknya semakin rendah kepercayaan merek maka semakin rendah keputusan membeli konsumen. Sumbangan efektif kepercayaan merek terhadap keputusan membeli sepatu merek lokal home industry sebesar 57,8% dan sisanya sebesar 42,2% ditentukan oleh faktor-faktor lain.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University