skip to main content

HUBUNGANANTARA PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN HOTEL PANDANARAN SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Organisasi bergantung pada ketersediaan karyawan berkualitas. Pencapaian kualitas dan keunggulan pelayanan akan membuat pelanggan puas dan loyal.Karyawan yang berkualitascenderung menunjukkan perilaku Organizational Citizenship Behavior (OCB). OCB adalah perilaku karyawan bersifat sukarela, tidak mendapat imbalan secara langsung dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi organisasi. Dukungan organisasi yang diterima karyawan dipersepsikan dan menimbulkan keinginan untuk membalasnya dan memotivasi karyawan untuk berperilaku melebihi tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara perceived organizational support dengan organizational citizenship behaviorpada karyawan Hotel Pandanaran Semarang.

Populasi penelitian ini sebanyak 86 karyawan dan sampel penelitian sebanyak 52 karyawan, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling proporsional. Pengumpulan data menggunakan dua buah Skala Psikologi yaitu Skala Perceived Organizational Support (32 aitem valid,  α = 0,933) dan Skala Organizational Citizenship Behavior(31 aitem valid, α = 0,938).

Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,734dengan p=0,000 (p<0,05) serta koefisien determinasi R2= 0,539, yang berarti ada hubungan positif antara perceived organizational support dengan organizational citizenship behavior. Semakin tinggiperceived organizational support maka semakin tinggiorganizational citizenship behavior dan sebaliknya, serta sumbangan efektif perceived organizational support terhadaporganizational citizenship behavior sebesar 53,9%dan selebihnya berasal dari faktor lain yang tidak ditelitidalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: perceived organizational support, organizational citizenship behavior, karyawan hotel

Article Metrics:

  1. Colakoglu, U., Culha, O., & Atay, H. 2010. The Effects of Perceived Organisational Support On Employees’ Affective Outcomes: Evidence From The Hotel Industry. Tourism and Hospitality Management, Vol. 16, No. 2, 125-150
  2. Jahangir, N., Akbar, M.M., & Haq, M. 2004. Organizational Citizenship Behavior: Its Nature and Antecedents. BRAC Univercity Journal. Vol. I, No. 2, 75-85
  3. Tumwesigye, G. 2010. The Relationship between Perceived Organizational Support and Turnover Intentions in a Developing Country: The Mediating Role of Organizational Commitment. African Journal of Bussines Management, Vol. 4 No. 6, 942-952
  4. Rhoades, L., & Eisenberger, R. 2002. Perceived Organizational Support : A Review of the Literature. Journal of Applied Psychology, Vol. 87, No. 4, 698-714
  5. Organ, D. W., Podsakoff, P. M., & MacKenzie S. P. 2006. Organizational Citizenship Behavior: Its Nature, Antecedents, And Consequences. London: Sage Publications
  6. Garay, H.D.V. 2006. Kinerja Extra-Role dan Kebijakan Kompensasi. Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol. 8. No. 1. 33-42
  7. Coyle, J., Saphiro, Shore, L., Taylor, S., & Tetrick, L. 2004. The employment relationship: Examining psychological and contextual perspectives. Oxford : Oxford University Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.