skip to main content

HUBUNGAN ANTARAKECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI KERJA DI LUAR NEGERI PADA (CTKI) WANITA DI PT. ARNI FAMILY UNGARAN

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasaan emosional dengan kecemasan bekerja di luar negeri pada calon TKW di PT. Arni Family Ungaran.Populasi dalam penelitian ini adalah calon TKW di PT. Arny Family.Sampel penelitian berjumlah 146 calon TKW.Teknik sampling yang digunakan adalahnonrandom sampling- purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan skala, yaitu skala kecerdasaan emosional (28 aitem valid , α = 0,848) dan kecemasan bekerja di luar negeri (32 aitem valid,α=0,895), yang telah diujicobajan pada 80 calon TKW.

Data yang diperoleh berdasarkan analisis regresi menunjukkan nilai koefesien korelasi sebesar -0,404 dan p=0,000 (p<0,05). Artinya terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kecemasan mengahapi kerja di luar negeri.semakin tinggi kecerdasan emosional, maka semakin rendah kecemasan menghadapi kerja di luar negeri. sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional, maka semakin tinggi kecemasan menghadapi kerja di luar negeri. Sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap kecemasan menghadapi kerja di luar negeri sebesar 16,3%. Sedangkan sisanya sebesar 83,7% ditentukan oleh faktor lain yang tidak di ungkap dalam penelitian ini.

Fulltext
Keywords: kecerdasan emosional, kecemasan menghadapi kerja di luar negeri, calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) wanita

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.