skip to main content

OPTIMISME PADA MAHASISWA ATLET KARATE YANG MENERIMA BEASISWA BERPRESTASI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

Received: 15 Aug 2024; Published: 12 Jan 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Mahasiswa atlet karate yang menerima beasiswa berprestasi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto selain mempertahankan prestasi karate juga harus mampu menyeimbangkan prestasi akademik supaya beasiswa tidak dicabut. Mahasiswa atlet karate memerlukan optimisme guna mempertahankan prestasi karate dan mendapatkan hasil akademik dengan IPK diatas 3 dari skala 4. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran optimisme pada mahasiswa atlet karate yang menerima beasiswa berprestasi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi dengan strategi IPA (Interpretative Phenomenological Analysis). Partisipan penelitian ini adalah tiga mahasiswa atlet karate penerima beasiswa berprestasi yang terdiri dari satu lakilaki dan dua perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, seluruh partisipan memiliki optimisme yang dipengaruhi oleh aspek permanence (ketetapan suatu peristiwa), pervasiveness (keleluasaan suatu peristiwa), personalization (sumber suatu peristiwa), dan dukungan sosial. Seluruh partisipan memiliki perbedaan dalam motivasi berkuliah, bentuk pribadi yang berambisi, target akademik, upaya strategis, dan dukungan sosial yang didapatkan sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa setiap partisipan memiliki perbedaan gambaran optimisme yang berbedabeda.

Fulltext View|Download
Keywords: atlet; beasiswa; optimisme

Article Metrics:

  1. Asa’aro, L., Nuryanti, T., & Friska, N. M. (2021). Mekanisme dan persyaratan beasiswa daerah. Jurnal Abdimas Mutiara, 2, 226–236
  2. Aulia, F. (2016). Hubungan optimisme dan prestasi akademik: Sebuah meta analisis. Psychology & Humanity, 2(2006), 19–20
  3. Carver, C. S., & Scheier, M. F. (2002). Optimism. In C. R. Snyde & S. J. Lopez (Eds.), Handbook of Positive Psychology (pp. 231–244). Oxford University Press
  4. Fogarty, G. J., Perera, H. N., Furst, A. J., & Thomas, P. R. (2016). Evaluating measures of optimism and sport confidence. Measurement in Physical Education and Exercise Science, 20(2), 81–92. https://doi.org/10.1080/1091367X.2015.1111220
  5. Kriyantono, R. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Kencana Prenada Media Group
  6. Lopez, S. J., Snyder, C. R., & Rasmussen, H. N. (2003). Striking a vital balance: Developing a complementary focus on human weakness and strength through positive psychological assessment (pp. 3–20). American Psychologycal Association
  7. Prayoga, F., Sedjo, P., & Wahyuni, M. (2022). Optimisme Dan motivasi berprestasi pada mahasiswa bekerja. Arjwa: Jurnal Psikologi, 1(1), 39–47. https://doi.org/10.35760/arjwa.2022.v1i1.7297
  8. Rimadhani, L. A. (2021). Kebijakan Pembinaan Atlet Cabang Olahraga Renang. IAIN Tulungagung
  9. Sari, R. P., & Thamrin, W. P. (2020). Hubungan dukungan sosial dan optimisme pada atlet bulu tangkis. Jurnal Psikologi, 13(2), 146–155. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3168
  10. Seligman, M. E. P. (2006). Learned optimism: How to change your mind and your life. In Https://Medium.Com/. Vintage
  11. Seligman, M. E. P., Duckworth, A. L., & Tracy, A. S. (2005). Positive psychology in clinical practice. Annual Review of Clinical Psychology, 1, 629–651. https://doi.org/10.1146/annurev.clinpsy.1.102803.144154
  12. Simatupang. (2009). Himpunan lembaga beasiswa dalam dan luar negeri. PT Rajagrafindo Persada
  13. Smith. (2009). Psikologi kualitatif: Panduan praktis metode riset (Budi Santoso (ed.)). Pustaka Pelajar
  14. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Alfabeta
  15. Sugiyono. (2016). Memahami penelitian kualitatif. CV Alfabeta
  16. Toor, S. F. (2009). TRACE : Tennessee research and creative exchange optimism and achievement : A domain-specific and within- construct investigation

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.