skip to main content

PENGEMBANGAN PANDUAN OBSERVASI KETERAMPILAN STIMULASI LITERASI

Fakultas Psikologi, Universitas Medan Area, Indonesia

Received: 10 Jan 2023; Published: 12 Jul 2023.
Open Access Copyright 2023 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Masih minimnya penelitian tentang perkembangan literasi pada anak usia dini membuat peneliti tertarik mengembangkan panduan dalam melakukan observasi keterampilan stimulasi literasi. Metode yang digunakan dalam pengembangan panduan observasi keterampilan stimulasi literasi adalah melalui uji validitas dan uji reliabilitas terhadap panduan observasi yang disusun peneliti. Peneliti melakukan uji validitas isi dengan menyebarkan panduan kepada 20 expert judgment untuk memberikan penilaian. Hasil uji validitas isi dianalisis dengan metode Aiken’s dan menunjukkan bahwa koefisien Aiken’s V pada indikator keperilakuan dalam panduan observasi orang tua dalam memberikan stimulasi literasi bergerak dari angka 0,812 sampai dengan 0,962 yang yang dapat dikatakan valid. Sebelum dilakukan uji reliabilitas, terlebih dahulu dilakukan uji keterbacaan panduan observasi kepada lima orang observer. Uji reliabilitas panduan observasi dilakukan menggunakan teknik inter-rater reliability. Hasil analisis uji reliabilitas menunjukkan bahwa koefisien inter-rater reliability untuk masing-masing observer adalah 0,937. Hasil tersebut menunjukkan bahwa koefisien inter-rater reliability tergolong dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan terhadap panduan observasi keterampilan stimulasi literasi maka dapat disimpulkan bahwa panduan observasi keterampilan stimulasi literasi sudah dapat digunakan karena melampaui standar uji validitas dan reliabilitas dengan baik.

Fulltext View|Download
Keywords: panduan observasi; stimulasi literasi

Article Metrics:

  1. Azwar, S. (2017). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar
  2. Burke, M.D., Hagan-Burke, S., Zou, Y., & Kwok, O. (2010). A Structural Equation Model using fluency-based early literacy measures to predict emerging reading. Remedial and Special Education, 31(5), 385-399
  3. Deckner, D.F., Adamson, L.B., & Bakeman, R. (2006). Child and maternal contributions to shared reading effects on language and literacy development. Applied Psychology, 27(1), 31- 41. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2005.12.001
  4. Dunst, C.J., Trivette, C.M., Masiello, T., Roper, N., & Robyak, A. (2006). Framework for developing evidence-based early literacy learning practices. Center for Early Literacy Learning Papers 1(1), 1-12
  5. Gonzalez, M., Espinel, A.I.G., & Rosquete, R.G. (2002). Remedial interventions for children with reading disabilities: Speech perception an effective component in phonological training? Journal of Learning Disabilities, 35(4), 334-342. https://doi.org/10.1177/00222194020350040401
  6. Immanuel, AS. (2018). Pelatihan “Teman Membaca Anak” untuk meningkatkan keterampilan stimulasi literasi pada guru TK [Tesis tidak dipublikasikan]. Universitas Gadjah Mada
  7. Levy, B. A., Gong, Z., & Hessel, S. (2005). Understanding print: Early reading development and the contribution of home literations of home literacy experiences. Experimental Child Psychology, 93(1), 63-93
  8. Mullis, R.L., Mullis, A.K., Cornille, T.A., Ritchson, A.D. & Sullender, M.S. (2004). Early literacy outcomes and parent involvement. Florida State University
  9. Pence, K.L., Justice, L.M., Wiggins, A.K. (2008). Preschool teachers’ fidelity in implementing a comprehensive language-rich curriculum. Language, Speech, and Hearing Service in School 39(3), 329-341. https://doi.org/10.1044/0161-1461(2008/031)
  10. Ruhaena, L. (2015). Model multisensori: Solusi stimulasi literasi anak prasekolah. Jurnal Psikologi, 42(1), 47- 60
  11. Senechal, M., & Young, L. (2006). The effect of family literacy intervention on children’s acquisition of reading from kindergarten to grade 3: A meta-analytic review. Review of Educational Research, 78(4), 880-907. https://doi.org/10.3102/0034654308320319
  12. Snow, C.S. (2008). What counts as literacy in early childhood? Dalam K. McCartney & D. Philips (eds.), Blackwell handbook of early childhood development (pp. 274-316). Blackwell Publishing
  13. Turnbull, K.P., Anthony A.B., Justice, L., & Bowles, R. (2009). Preschoolers exposure to language stimulation in the classroom serving at-risk children: The contribution of group size and activity context. Early Education and Development 20(1), 53-79, https://doi.org/10.1080/10409280802206601

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.