skip to main content

PENGARUH KEPRIBADIAN INTROVERT TERHADAP PERUBAHAN LINGKUP SOSIAL MAHASISWA PRODI PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM ANGKATAN TAHUN 2021

Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Received: 30 Dec 2022; Published: 17 Jul 2023.
Open Access Copyright 2023 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengenal dan mengetahui hubungan antara tipe kepribadian introvert dalam interaksi di lingkup sosial mahasiswa program studi pengembangan masyarakat islam angkatan tahun 2021 UIN Sunan Ampel Surabaya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh kepribadian introvert terhadap perubahan lingkungan sosial mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam 2021 UIN Sunan Ampel Surabaya. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pengembangan masyarakat islam angkatan tahun 2021 UIN Sunan Ampel Surabaya. Pengumpulan data ini menggunakan Skala Likert yang dikembangkan oleh Rensis Likert pada tahun 1932. Penelitian ini menggunakan metode skala likert dalam bentuk kuesioner untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepribadian introvert terhadap lingkup sosial mahasiswa/i prodi PMI UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2021. Kepribadian introvert berpengaruh positif dan signifikan terhadap bidang sosial mahasiswa.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Bukti Cek Plagiasi Turnitin
Subject
Type Research Instrument
  Download (3MB)    Indexing metadata
Keywords: kepribadian introvert; lingkup sosial; mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam

Article Metrics:

  1. Hatu, R. (2011). Perubahan sosial kultural masyarakat pedesaan (Suatu tinjauan teoritik-empirik). Jurnal Inovasi, 8(4), 1-11
  2. Husain, B. & Ibrahim. (2018). Perbedaan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan extrovert. Qalam Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 91-106. https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.371
  3. Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran pendidikan dalam proses perubahan sosial di desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Holistik: Journal of Social and Culture, 12(4), 1-18
  4. Izzah, N., Rahman, A., & Sisworo. (2022). Kreativitas matematis mahasiswa bertipe kepribadian ekstrovert-introvert dalam menyelesaikan masalah geometri. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 6(1), 48-56
  5. Khairunnisa, R. & Alfaruqy, M. Z. (2022). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan cyberbullying di media sosial twitter pada siswa SMAN 26 Jakarta. Jurnal Empati, 11(4), 260-268. https://doi.org/10.14710/empati.0.36471
  6. Latuconsina, F. A. F., Maritanti, S., & Safitri. (2020). Pengaruh tipe kepribadian terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa reguler Universitas Esa Unggul angkatan 2014. JCA of Psychology, 1(1), 38-49
  7. Lisma, E. & Siregar, M. A. P. (2021). Pengaruh sifat introvert terhadap keterampilan berdiskusi. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (pp. 162-169). Universitas Muslim Nusantara
  8. Melinda, G. R. (2017). Kontrol emosi pada mahasiswa yang memiliki tipe kepribadian introvert di Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3(7), 279-292
  9. Munthe, G. P. (2021). Komunikasi sosial mahasiswa berkepribadian introvert di lingkungan kampus studi kasus mahasiswa berkepribadian introvert dalam lingkungan sosial di Universitas Mercu Buana Yogyakarta [Skripsi, Universitas Mercu Buana]. Eprints Mercubuana Yogya. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14842/
  10. Pamungkas, A. (2020). Tipe kepribadian ektrovert-introvert dan kecemasan mahasiswa pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Studi Keislaman 1(2), 36-42. https://doi.org/10.23971/js.v1i2.2499
  11. Putra, F. E. (2020). Revolusi komunikasi dan perubahan sosial (Dampak pandemi COVID-19 pada mahasiswa). Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 267-281. https://doi.org/10.31947/kareba.vi.10423
  12. Rahmat, W. (2014). Pengaruh tipe kepribadian dan kualitas persahabatan dengan kepercayaan pada remaja akhir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 41-47. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i1.3572
  13. Rifauddin, M. (2016). Fenomena cyberbullying pada remaja (Studi analisis media sosial facebook). Khizanah Al-Hikmah Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(1), 35-44. https://doi.org/10.24252/kah.v4i1a3
  14. Rudianti, R., Aripin, Muhtadi, D. (2021). Proses berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 437-448
  15. Santrock, J. W. (2019). Life-span development (17th ed.). McGraw Hill
  16. Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta
  17. Susanti, V. D. & Maharani, S. (2016). Profil berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah numerical analysis ditinjau dari tipe kepribadian. Jurnal Formatif, 6(1), 62-72. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.753
  18. Widiantari, K. S. & Herdiyanto, Y. K. (2013). Perbedaan intensitas komunikasi melalui jejaring sosial antara tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 106–15. https://doi.org/10.24843/JPU.2013.v01.i01.p11

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.