slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA DENGAN EFIKASI DIRI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA TAHUN KEDUA, KETIGA, DAN KEEMPAT DEPARTEMEN ADMINISTRASI BISNIS FISIP UNIVERSITAS DIPONEGORO | Qurnita | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA DENGAN EFIKASI DIRI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA TAHUN KEDUA, KETIGA, DAN KEEMPAT DEPARTEMEN ADMINISTRASI BISNIS FISIP UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 5 Dec 2022; Published: 5 Dec 2022.
Open Access Copyright 2022 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Era revolusi industri 4.0 mulai masuk ke Indonesia. Internet of things sebagai kunci dari revolusi digital telah menghasilkan cara – cara baru yang membawa kemudahan bagi masyarakat. Mahasiswa sebagai bagian dari generasi milenial diharapkan dapat berkontribusi memanfaatkan teknologi modern berbasis internet untuk memunculkan inovasi – inovasi baru melalui perilaku berwirausaha di era industri 4.0. Efikasi diri berwirausaha menjadi salah satu hal yang mempengaruhi keputusan individu untuk akhirnya berwirausaha. Salah satu sumber yang dapat meningkatkan keyakinan individu atas kemampuannya untuk melakukan proses berwirausaha adalah dukungan sosial orangtua untuk mengembangkan keterampilan berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua untuk mengembangkan keterampilan berwirausaha dengan efikasi diri berwirausaha pada mahasiswa tahun kedua, ketiga, dan keempat Departemen Administrasi Bisnis FISIP Universitas Diponegoro. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa tahun kedua, ketiga, dan keempat Departemen Administrasi Bisnis yang berjumlah 398 mahasiswa dengan sampel penelitian sebanyak 186 mahasiswa, yang diperoleh dengan proportionate stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Dukungan Sosial Orangtua untuk mengembangkan keterampilan berwirausaha (42 aitem valid, α = .944) dan Skala Efikasi Diri Berwirausaha (41 aitem valid, α = .944). Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman’s Rho menunjukkan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar .556 dengan p= .000 (p < .05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua untuk mengembangkan keterampilan berwirausaha dengan efikasi diri berwirausaha pada mahasiswa. Kata kunci: dukungan sosial orangtua; efikasi diri berwirausaha; mahasiswa administrasi bisnis
Fulltext View|Download
Keywords: dukungan sosial orangtua; efikasi diri berwirausaha; mahasiswa administrasi bisnis

Article Metrics:

  1. Administrasi Bisnis FISIP Undip. (2019). Visi dan misi Departemen Administrasi Bisnis Fakultas
  2. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Administrasi Bisnis FISIP Undip
  3. https://admbisnis.fisip.undip.ac.id/en/vision-and-mission/
  4. Anderson, R. B. (2000). Vicarious and persuasive influences on efficacy expectations and intentions
  5. to perform breast self-examination. Public Relations Review, 26, 97–114
  6. Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H Freeman and Company
  7. Chao, Ruth., & Tseng, Vivian. (2002). Parenting of Asians. In M. H. Bornstein (ed.). Handbook of
  8. parenting (pp. 59 – 94)
  9. Lawrence Erlbaum Chen, C.C., Greene, P.G., & Ann, C. (1998). Does entrepreneurial self – efficacy distinguish
  10. entrepreneurs form managers? Journal of Business Venturing, 13, 295 – 316
  11. https://doi.org/10.1016/S0883-9026(97)00029-3
  12. Chen , Y., & He, Y. (2011). The impact of strong ties on entrepreneurial intention: An empirical study
  13. based on the mediating role of self – efficacy. Journal of Chinese Entrepreneurship, 3, 147 –
  14. https://doi.org/10.1108/17561391111144573
  15. De Noble, A., Jung, D., & Ehrlich, S. (1999). Entrepreneurial self efficacy: The development of a
  16. measure and its relationship to entrepreneurial action. In P. D. Reynolds (ed.), Frontiers of
  17. Entrepreneurship Research (pp. 73–87). Center for Entrepreneurial Studies
  18. Dolan, Pat., Canavan, J., & Pinkerton, J. (2006). Family support as reflective practice. Jessica
  19. Kingsley Publishers
  20. Gibbons, C. (2010). Stress, coping and burn-out in nursing students. International Journal of Nursing
  21. Studies, 47, 1299–1309. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2010.02.015
  22. Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2008). Entrepreneurship (kewirausahaan). Salemba
  23. Empat
  24. Hisrich, R. D., Peters, Michael, P., & Shepherd, A. (2017). Entrepreneurship (10th ed.). McGraw-Hill
  25. Education
  26. Hou, F., Su, Y., Lu, M., & Qi, M. (2019). Model of the entrepreneurial intention of university students
  27. in the Pearl River Delta of China. Frontiers in Psychology, 10(916), 1-16. https://doi.org/
  28. 3389/fpsyg.2019.00916
  29. Kimura, O. N., & Masykur, A. M. (2017). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan
  30. kewirausahaan pada mahasiswa UKM Research n Business Universitas Diponegoro. Jurnal
  31. Empati, 6(1), 322–326. https://doi.org/10.14710/empati.2017.15136
  32. Lestari, S. (2013). Psikologi keluarga: Penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga
  33. Kencana Prenada Media Grup
  34. Liu, Y. and Grusky, D. B. (2013). The payoff to skill in the third industrial revolution. American
  35. Journal of Sociology, 118, 1330–1374. https://doi.org/10.1086/669498
  36. Liu, Y. C., & Hung, Y. Y. (2016). Self-efficacy as the moderator: Exploring driving factors of
  37. perceived social support for mainland Chinese students in Taiwan. Computers in Human
  38. Behavior, 64, 455–462. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.07.018
  39. Malebana, M. J., & Swanepoel, E. (2014). The relationship between exposure to entrepreneurship
  40. education and entrepreneurial self-efficacy. Southern African Business Review, 18, 1–26
  41. https://doi.org/10.25159/1998-8125/5630
  42. Santrock, J. W. (2016). Adolescence (16th ed.). McGraw-Hill Education
  43. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2012). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed.)
  44. John Wiley & Sons, Inc
  45. Setiawan, J. L. (2012). Entrepreneurship program assessment by students outcome on their perceived
  46. entrepreneurial characteristics. In D. Larso & W. Dhewanto (Eds.), Indonesia international
  47. conference on innovation, entrepreneurship, & small business (pp. 1–6). Surabaya, Universitas
  48. Ciputra
  49. Turner, S. L., Alliman-Brissett, A., Lapan, R. T., Udipi, S., & Ergun, D. (2003). The Career-Related
  50. Parent Support Scale. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 36(2), 83–
  51. Wade, C., & Travis, C. (2007). Psikologi jilid 1 (9
  52. th ed.). Erlangga
  53. Widyastuti, R. J., & Pratiwi, T. I. (2013). Pengaruh self - efficacy dan dukungan sosial keluarga
  54. terhadap kematangan pengambilan keputusan karir siswa. Jurnal BK UNESA, 3, 231 - 238

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.