skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN MERCHANDISE PADA REMAJA PENGGEMAR GRUP K-POP NCT (NEO CULTURE TECHNOLOGY) DI INDONESIA

1Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

2Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro

Received: 5 Dec 2022; Published: 5 Dec 2022.
Open Access Copyright 2022 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pembelian merchandise pada remaja penggemar grup K-Pop NCT (Neo Culture Technology) di Indonesia. Perilaku konsumtif merupakan perilaku individu dalam membeli merchandise secara berlebihan tanpa adanya pertimbangan yang rasional dan lebih mengutamakan keinginan. Konformitas adalah kecenderungan individu untuk bersikap sesuai dengan norma yang ada dalam kelompok agar dapat menghindari penolakan dan diterima oleh kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah 158 penggemar yang tergabung dalam grup Line ‘NCTZEN WTS/WTT/WTB’ dengan sampel 110 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Konformitas (20 aitem, α = 0,86) dan Skala Perilaku Konsumtif Pembelian Merchandise (24 aitem, α = 0,88). Analisis regresi sederhana menunjukkan nilai rxy = 0,447 dan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pembelian merchandise. Semakin semakin tinggi konformitas maka akan semakin tinggi perilaku konsumtif pembelian merchandise. Begitu pula sebaliknya, ketika konformitas yang dimiliki rendah, maka akan semakin rendah pula perilaku konsumtif pembelian merchandise. Konformitas memberikan sumbangan efektif sebesar 19,9% dan sisanya sebesar 80,1% ditentukkan oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
Fulltext View|Download
Keywords: konformitas; merchandise; perilaku konsumtif; remaja

Article Metrics:

  1. Aisyah, P. (2019). Hubungan konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa penggemar korean wave [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang]. UMM Institutional Repository. http://eprints.umm.ac.id/46916/1/Skripsi.pdf
  2. Aprilia, D. H. (2013). Analisis sosiologis perilaku konsumtif mahasiswa (Studi pada mahasiswa
  3. FISIP Universitas Lampung). Jurnal Sosiologi, 15(1), 72-86
  4. Azizah, P. N. (2017). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif dalam pembelian
  5. tas melalui online shop pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan
  6. Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 6(1)
  7. https://doi.org/10.14710/empati.2017.15141
  8. Baron, R. A & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial jilid 2 (10th ed.). Penerbit Erlangga
  9. Fardhani, P. R. & Izzati, U. A. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif
  10. pada remaja (studi pada siswa kelas XI SMA Trimurti Surabaya). Jurnal Penelitian
  11. Psikologi, 1(2), 1-7
  12. Hamdan. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada remaja putri
  13. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, 2 (2)
  14. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v2i2.2238
  15. Jatmiko, B. P. (2015, Agustus 8). Ojk: orang Indonesia makin konsumtif. Kompas
  16. https://ekonomi.kompas.com/read/2015/08/08/110746226/OJK.Orang.Indonesia.Makin.Ko
  17. nsumtif
  18. Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas hedonis dan literasi ekonomi terhadap
  19. perilaku konsumtif melalui gaya hidup konsumtif. Economic Education Analysis
  20. Journal, 6(3), 684-697
  21. Papalia, D. E., Old, S. W., Feldman, & R. D. (2008). Human development. Prenada Media
  22. Group
  23. Sahida, S. S. (2016). Perkembangan korean wave di Indonesia [Skripsi tidak dipublikasikan]
  24. Universitas Pasundan
  25. Sari, L. M. (2018). Fenomena konformitas teman sebaya dalam perilaku mencontek siswa kelas X
  26. SMAN 1 Kutacane [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. Repository UIN
  27. Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/4740/
  28. Sugiyono. (2014). Metode penelitian bisnis: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, R&D. Alfabeta
  29. Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan (meneropong imbas pesan iklan televisi) Alfabeta
  30. Tambunan, T. T. H. (2001). Perekonomian Indonesia teori dan temuan empiris. Ghalia Indonesia
  31. Triningtyas, D. A. & Margawati, T. M. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku
  32. konsumtif terhadap online shopping pada remaja. Jurnal Kependidikan, 5(1),16-20
  33. https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1388
  34. Wibowo, B. S. (2018). Pengaruh instagram online store, konformitas dan iklan televisi terhadap perilaku konsumtif serta dampaknya terhadap gaya hidup hedonis mahasiswa. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi, 9(1), 1-12. https://doi.org/10.18196/bti.91095
  35. Wijayanti, A., & Astiti, D. P. (2017). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif remaja di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.24843/JPU.2017.v04.i01.p05

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.