skip to main content

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA BINA KHOIRUL INSAN SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 26 Nov 2022; Published: 26 Nov 2022.
Open Access Copyright 2022 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Pondok pesantren mahasiswa merupakan lembaga pendidikan ilmu agama Islam yang menampung santri sekaligus berstatus sebagai mahasiswa. Efikasi diri akademik merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan dalam mencapai performansi akademik yang diinginkan. Setiap individu memiliki faktor penentu keberhasilan akademik, salah satunya adalah keterlibatan individu dalam kegiatan akademik yang disebut dengan student engagement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan student engagement pada santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Bina Khoirul Insan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah santri PPM Bina Khoirul Insan Semarang yang memenuhi karakteristik penelitian sebanyak 140 santri dengan sampel penelitian sebanyak 100 santri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Efikasi Diri Akademik (22 aitem, α = 0,028) dan Skala Student Engagement (27 aitem, α = 0,018). Hasil penelitian menggunakan data uji non parametrik Rank-Spearman menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif antara variabel efikasi diri akademik dan student engagement (r = 0,660; p = 0.00). Hal ini menunjukkan semakin tinggi efikasi diri akademik, maka semakin tinggi student engagement santri di pondok pesantren mahasiswa. Sebaliknya, semakin rendah efikasi diri akademik, maka semakin rendah student engagement santri di pondok pesantren mahasiswa.

Fulltext View|Download
Keywords: efikasi diri akademik; santri; student engagement

Article Metrics:

  1. Adiwaty, M. R., & Fitriyah, Z. (2015). Efektivitas strategi penyesuaian mahasiswa baru pada proses pembelajaran di perguruan tinggi (Studi pada UPN” Veteran” Jawa Timur). Neo-Bis, 9(2), 1-15. https://doi.org/10.21107/nbs.v9i1.684
  2. Cauley, K & Pannozzo, G. (2013). Annual editions: educational psychology. McGraw-Hill Companies, Inc
  3. Fatmawati, E. (2015). Profil pesantren mahasiswa-karakter kurikulum, desain pengembangan kurikulum, peran pemimpin pesantren. LKIS Pelangi Aksara. Gunawan, I. N. A., Herawati, N. T., & Atmadja, A. T. (2018). Pengaruh self-efficacy, metode mengajar, dan minat mahasiswa terhadap keberhasilan studi mahasiswa. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 9(2). http://doi.org/10.23887/jimat.v10i1
  4. Jurnal Empati, Volume 11, Nomor 05, Oktober 2022, Halaman 332-336
  5. Khoirunnisa, A. (2011). Pengaruh lingkungan pondok pesantren ”Darul Falah” terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi melalui cara belajar pada Siswa MA Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun ajaran 2010/2011 [Skripsi, Universitas Negeri Semarang]. Unnes Repository. http://lib.unnes.ac.id/530/
  6. Manzil, L. (2017). Hubungan antara parental involvement dengan student engagement pada siswa SMA Assa’adah yang tinggal di pondok pesantren [Skripsi, UIN Sunan Ampel]. Digilib Uinsby. http://digilib.uinsby.ac.id/21659/
  7. Miller, R., dkk. (2011). Promoting student engagement volume 1: programs, techniques and opportunities. Teach Psych
  8. Nata, A. (2001). Sejarah pertumbuhan perkembangan lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Grasindo
  9. Nauri, F. (2016). Peran pesantren mahasiswa An-Nur dalam menunjang prestasi akademik santri-mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya [Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya]. Digital Library. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/6179
  10. Rohlin. (2017). Persepsi masyarakat terhadap pendidikan islam di pondok pesantren Al-Haromain Desa Pulau Kabupaten Panggung Kecamatan Semendo darat laut Kabupaten Muara Enim [Tesis, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. Repositori IAIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/2354/1/SKRIPSI.pdf
  11. Rufaida, A. A., & Prihatsanti, U. (2018). Hubungan efikasi diri akademik dengan student engagement pada mahasiswa FSM Undip yang bekerja paruh waktu
  12. Santrock, J. W. (2009). Psikologi pendidikan buku 2 (3rd ed.). Salemba Humanika
  13. Suradi, A. (2018). Analisis dampak transformasi pendidikan pesantren terhadap penanaman jiwa keikhlasan santri di pondok pesantren. Jurnal Pendidikan Islam TA’ALLUM, 6(1), 197-218. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.197-218
  14. Trowler, V. (2010). Student engagement literature review. AdvanceHe
  15. Utami, A., & Kusdiyati, S. (2015). Hubungan antara student engagement dengan prestasi belajar pada siswa kelas xi di Pesantren Persatuan Islam no. 1 Bandung. Prosiding Psikologi, 1(2), 88-95
  16. Zaid, S.S., Saam, Z., & Arlizon, R. (2016). Pengaruh layanan informasi terhadap manajemen stress siswa di kehidupan asrama (boarding school) Kelas X Kehutanan Negeri Pekanbaru tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Online Mahasiswa FKIP, 3(1), 1-15

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.