Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI36741, author = {Fadhillah Agustina and Diana Rusmawati}, title = {HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA BINA KHOIRUL INSAN SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {11}, number = {5}, year = {2022}, keywords = {efikasi diri akademik; santri; student engagement}, abstract = { Pondok pesantren mahasiswa merupakan lembaga pendidikan ilmu agama Islam yang menampung santri sekaligus berstatus sebagai mahasiswa. Efikasi diri akademik merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan dalam mencapai performansi akademik yang diinginkan. Setiap individu memiliki faktor penentu keberhasilan akademik, salah satunya adalah keterlibatan individu dalam kegiatan akademik yang disebut dengan student engagement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan student engagement pada santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Bina Khoirul Insan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah santri PPM Bina Khoirul Insan Semarang yang memenuhi karakteristik penelitian sebanyak 140 santri dengan sampel penelitian sebanyak 100 santri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Efikasi Diri Akademik (22 aitem, α = 0,028) dan Skala Student Engagement (27 aitem, α = 0,018). Hasil penelitian menggunakan data uji non parametrik Rank-Spearman menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif antara variabel efikasi diri akademik dan student engagement (r = 0,660; p = 0.00). Hal ini menunjukkan semakin tinggi efikasi diri akademik, maka semakin tinggi student engagement santri di pondok pesantren mahasiswa. Sebaliknya, semakin rendah efikasi diri akademik, maka semakin rendah student engagement santri di pondok pesantren mahasiswa. }, issn = {2829-1859}, pages = {332--336} doi = {10.14710/empati.0.36741}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/36741} }
Refworks Citation Data :
Pondok pesantren mahasiswa merupakan lembaga pendidikan ilmu agama Islam yang menampung santri sekaligus berstatus sebagai mahasiswa. Efikasi diri akademik merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan dalam mencapai performansi akademik yang diinginkan. Setiap individu memiliki faktor penentu keberhasilan akademik, salah satunya adalah keterlibatan individu dalam kegiatan akademik yang disebut dengan student engagement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan student engagement pada santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Bina Khoirul Insan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah santri PPM Bina Khoirul Insan Semarang yang memenuhi karakteristik penelitian sebanyak 140 santri dengan sampel penelitian sebanyak 100 santri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Efikasi Diri Akademik (22 aitem, α = 0,028) dan Skala Student Engagement (27 aitem, α = 0,018). Hasil penelitian menggunakan data uji non parametrik Rank-Spearman menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif antara variabel efikasi diri akademik dan student engagement (r = 0,660; p = 0.00). Hal ini menunjukkan semakin tinggi efikasi diri akademik, maka semakin tinggi student engagement santri di pondok pesantren mahasiswa. Sebaliknya, semakin rendah efikasi diri akademik, maka semakin rendah student engagement santri di pondok pesantren mahasiswa.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University