skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK PERDANA SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 7 Nov 2022; Published: 7 Nov 2022.
Open Access Copyright 2022 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna mengetahui korelasi antara dukungan sosial orangtua dan kematangan karir pada siswa kelas X jurusan Multimedia SMK Perdana Semarang. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kematangan karir. Populasi dalam penelitian ini adalah 110 siswa kelas X dengan sampel penelitian berjumlah 79 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel penelitian menggunakan teknikcluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Dukungan Sosial Orangtua (41 aitem valid; α = .955) dan Skala Kematangan Karir (31 aitem valid; α = .934) yang telah diuji cobakan kepada 30 siswa. Analisis korelasi Rank Spearman menunjukkan nilai koefisien sebesar .345 dengan p = .002 (p< .05), yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dan kematangan karir. Artinya, semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka semakin tinggi pula kematangan karir, begitu pula sebaliknya semakin rendah dukungan sosial orangtua, maka semakin rendah pula kematangan karir.
Fulltext View|Download
Keywords: dukungan sosial orangtua; kematangan karir; siswa

Article Metrics:

  1. Fouad, A. N., Cotter, W. E., Fitzpatrick, E. M., Kantamneni, N., Carter, L., &Bernfeld, S. (2010). Development and validation of the family influence scale. Journal of Career Assessment, 18, 276–291. https://doi.org/10.1177/1069072710364793
  2. Ginevra, M. C., Nota, L., & Ferrari, L. (2015). Parental support in adolescents’s career development: parents’s and children’s perceptions. The Career Development Quartely, 63, 2-15. https://10.1002/j.2161-0045.2015.00091
  3. Sawitri, D. R., &Herin, M. (2017). Dukunganorangtuadengankematangankarir pada siswa SMK program keahlian tata boga. JurnalEmpati, 6, 301-306
  4. Sharf, R. S. (2010). Applying carrer development theory of counselling. Cole Publishing Company
  5. Sharf, R. S. (2016). Applying career development theory to counseling. Brooks Publishing Company
  6. Sudjani.(2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi kematangan karir siswa sekolah menengah kejuruan negeri di Kota Bandung. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7. FPTK Universitas Pendidikan Indonesia
  7. Sukardi. D. K. (1990). Psikologi popular bimbingan perkembangan pribadi dan karir anak. Ghalia Indonesia
  8. Nailufar, I., &Nurendra, A. (2018). Kematangan karir ditinjau dari dukungan orang tua pada
  9. siswa kelas XII SMA Walisongo Ketanggungan [Skripsi, Universitas Islam Indonesia]. Dspace Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11199
  10. Wuu, M. (2009). The relationship between parenting styles, career decision self-efficacy, and career maturity of Asian American college students.Doctoral Dissertation. Available from ProQuest Dissertations. (UMI No. 3355447)
  11. Jemini-Gashi, L. (2013). Social support and tcareer maurity of kosovar adolescents. Summary of Thesis. Universitas of Triana. Retrieved from http://konferenca.unishk.edu.al/icrae2013/icraecd2013/doc/680.pdf
  12. Surat Keputusan DirekturJenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 7013/D/KP/2013 Tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan. https://mustafatope.files.wordpress.com/2011/01/spektrum-keahlian.docx

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.