Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI34426, author = {Ridya Zalika and Diana Rusmawati}, title = {HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA PONDOK PESANTREN KELAS X MA RIBATUL MUTA’ALLIMIN PEKALONGAN}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {11}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {dukungan sosial teman sebaya; penyesuaian diri; sekolah asrama}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa Pondok Pesantren Kelas X MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Sampel penelitian berjumlah 101 siswa dan menggunakan teknik cluster random sampling . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala sebagai instrumen penelitian, yaitu skala penyesuaian diri (27 aitem dengan α = 0,898) dan skala dukungan sosial teman sebaya (35 aitem dengan α = 0,943). Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Spearman’s Rho , diketahui bahwa hipotesis yang diajukan dapat terbukti, yaitu terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa (r xy = 0,798 dengan p = 0,000). Yang berarti semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya, maka akan semakin tinggi penyesuaian diri siswa; dan semakin rendah dukungan sosial teman sebaya maka semakin rendah pula penyesuaian diri siswa. }, issn = {2829-1859}, pages = {72--79} doi = {10.14710/empati.2022.34426}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/34426} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa Pondok Pesantren Kelas X MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Sampel penelitian berjumlah 101 siswa dan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala sebagai instrumen penelitian, yaitu skala penyesuaian diri (27 aitem dengan α = 0,898) dan skala dukungan sosial teman sebaya (35 aitem dengan α = 0,943). Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Spearman’s Rho, diketahui bahwa hipotesis yang diajukan dapat terbukti, yaitu terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa (rxy = 0,798 dengan p = 0,000). Yang berarti semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya, maka akan semakin tinggi penyesuaian diri siswa; dan semakin rendah dukungan sosial teman sebaya maka semakin rendah pula penyesuaian diri siswa.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University