Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI33218, author = {Bagas Ramadhiansyah and Harlina Nurtjahjanti}, title = {HUBUNGAN ANTARA DIMENSI KEPRIBADIAN HONESTY-HUMILITY DENGAN CYBERLOAFING PADA KARYAWAN OTORITAS JASA KEUANGAN REGIONAL 3 JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {10}, number = {6}, year = {2022}, keywords = {cyberloafing; dimensi kepribadian honesty-humility; karyawan}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dimensi kepribadian honesty-humility dengan cyberloafing pada karyawan Otoritas Jasa Keuangan Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Cyberloafing merupakan perilaku individu secara aktif dalam menggunakan gadget milik pribadi maupun fasilitas kantor saat jam kerja untuk kepentingan pribadi. Dimensi kepribadian honesty-humility merupakan dimensi yang mencakup sifat-sifat tulus, menghindari kecurangan, menghindari ketamakan dan sifat rendah hati. Populasi penelitian ini berjumlah 155 karyawan OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY dengan sampel sebanyak 82 karyawan melalui convenience sampling . Alat ukur dalam penelitian ini adalah modifikasi aitem Skala Honesty-Humility dalam The IPIP HEXACO-PI (26 aitem: α = 0,851) dan Skala Cyberloafing (21 aitem: α = 0,868). Analisis data menggunakan regresi sederhana menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara dimensi kepribadian honesty-humility dengan cyberloafing pada karyawan OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY dengan hasil r xy = -0,239 dan p = 0,015 (p<0,05). Dimensi kepribadian honesty-humility memberikan sumbangan efektif sebesar 5,7% kepada cyberloafing , sisanya sebesar 94,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {397--403} doi = {10.14710/empati.2021.33218}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/33218} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dimensi kepribadian honesty-humility dengan cyberloafing pada karyawan Otoritas Jasa Keuangan Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Cyberloafing merupakan perilaku individu secara aktif dalam menggunakan gadget milik pribadi maupun fasilitas kantor saat jam kerja untuk kepentingan pribadi. Dimensi kepribadian honesty-humility merupakan dimensi yang mencakup sifat-sifat tulus, menghindari kecurangan, menghindari ketamakan dan sifat rendah hati. Populasi penelitian ini berjumlah 155 karyawan OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY dengan sampel sebanyak 82 karyawan melalui convenience sampling. Alat ukur dalam penelitian ini adalah modifikasi aitem Skala Honesty-Humility dalam The IPIP HEXACO-PI (26 aitem: α = 0,851) dan Skala Cyberloafing (21 aitem: α = 0,868). Analisis data menggunakan regresi sederhana menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara dimensi kepribadian honesty-humility dengan cyberloafing pada karyawan OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY dengan hasil rxy = -0,239 dan p = 0,015 (p<0,05). Dimensi kepribadian honesty-humility memberikan sumbangan efektif sebesar 5,7% kepada cyberloafing, sisanya sebesar 94,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University