skip to main content

HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN JAUH DARI SMARTPHONE PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 TENGARAN

Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Indonesia

Received: 3 Jun 2021; Published: 3 Jun 2021.
Open Access Copyright 2021 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara regulasi diri dengan kecemasan jauh dari smartphone pada siswa kelas XI SMAN 1 Tengaran. Kecemasan jauh dari smartphone adalah kondisi cemas dan ketakutan jika individu jauh dari smartphone miliknya. Regulasi diri yaitu pengandalian perilaku, perasaan, dan pikiran agar sesuai dengan target pencapaiannya, dan mengevaluasi perilakunya agar sesuai dengan standar hidupnya. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 393 siswa dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 186 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alat ukur, yaitu Skala Regulasi Diri (26 aitem valid, α = 0,845) dan Skala Kecemasan Jauh dari Smartphone (36 aitem valid, α = 0,928). Hasil analisis data menggunakan analisis Spearman Rho, hasil analisis menunjukkan koefesien korelasi rxy = -0,018 dengan tingkat signifikansi p = 0,812, artinya terdapat hubungan negatif yang tidak signifikan antara regulasi diri dengan kecemasan jauh dari smartphone pada siswa kelas XI SMAN 1 Tengaran. Penelitian ini menjadi bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya dengan subjek yang lebih luas dengan mempertimbangkan faktor lain yang berpengaruh pada kecemasan jauh smartphone.

Fulltext View|Download
Keywords: regulasi diri, kecemasan jauh dari smartphone, siswa

Article Metrics:

  1. Bian, M., & Leung L. (2014). Linking loneliness, shyness, smartphone addiction and patterns of smartphone use to capital. Journal: Social Science Computer Review ,1-19
  2. Bianchi, A., & Phillips, J.G. (2005). Psychological predictors of problem mobile phone use. Cyber Psychology & Behavior. 8(1), 39-51. doi: 10.1089/cpb.2005.8.39
  3. Bivin, J.B., Mathew, P.,Thulasi, P.C., & Philip, J. (2013). Nomophobia – do we really need to worry about?. Reviews of Progress 1(1), 1-5
  4. Caplan, S.E. (2005). A social skill account of problematic internet use. Journal of Communication,55, 721-736. doi: 10.1111/j.1460-2466.2005.tb03019.x
  5. Deursen, A., Bolle, C. L., Hegner, S. M., & Kommers, P. (2015). Modeling habitual and addictive smartphone behavior: The role of smartphone usage types, emotical intelligence, social stress, self-regulation, age, and gender. Computers in Human Behavior, 45, 411-420
  6. Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi diri (pengaturan diri) sebagai determinan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,1(2), 184-191
  7. Hurlock, E.B. (2009). Psikologi perkembangan: suatu rentang pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga
  8. Idayati, R. (2011). Pengaruh radiasi handphone terhadap kesehatan. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala,11(2), 115-120
  9. Infografis Hasil Survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia tahun (2017). Diunduh dari https://apjii.or.id/survei2017
  10. Jabutay, F.A., Kanthawongs, P., Kanthawongs, P., & Upalanala, R. (2016). An empirical study on the impact of self-regulation and compulsivity towards smartphone addiction of university students. Journal 13th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age. 339-342
  11. Ormrod, J.E. (1995). Human learning. Boston: Pearson Education
  12. Resti. (2015). Penggunaan smartphone dikalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jom FISIP, 2 (1), 1-15
  13. Santrock, John. W. (2012). Life span development: Perkembangan masa hidup. Jakarta: Erlangga
  14. Sharma, M. (2012). Addiction of youth towards gadgets. Journal Human Resource Management. 6568-6572
  15. Wicaksono, K.S. (2019). Hubungan antara harga diri dengan fear of missing out pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro
  16. Yildirim, C. (2014). Exploring the dimensions of nomophobia: Developing and validating a questionnaire using mixed methods research. Thesis. City of Ames: lowa State University

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.