Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI30068, author = {Alif Santoso and Anggun Prasetyo}, title = {HUBUNGAN SELF MONITORING DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN GADGET PADA SISWA SMA ISLAM AL AZHAR 14 SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {9}, number = {6}, year = {2021}, keywords = {gadget; perilaku konsumtif; self monitoring; siswa}, abstract = { Self Monitoring adalah kecenderungan untuk mengatur tingkah laku berdasarkan petunjuk eksternal, mengikuti bagaimana orang lain bereaksi ( self-monitoring tinggi) atau berdasarkan petunjuk internal seperti keyakinan seseorang dan sikapnya ( self-monitoring rendah). Perilaku konsumtif merupakan kegiatan menggunakan barang atau jasa untuk memperoleh kepuasan sebesar-besarnya. Kepuasan ini dapat diraih dari manfaat atau daya guna dari barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara self monitoring dengan perilaku konsumtif pada siswa SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 dan 11 SMA Islam Al Azhar 14 Semarang dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 129 siswa . Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling . Metode pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu Skala Perilaku Konsumtif dan Skala Self Monitoring . Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan antara self monitoring dengan perilaku konsumtif ( r xy = 0,405 ; p < 0,001). Semakin tinggi self monitoring maka semakin tinggi perilaku konsumtif. Begitu juga sebaliknya semakin rendah self monitoring maka semakin rendah perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif dapat dijelaskan oleh self monitoring sebesar 16,4% dan sisa 86,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diukur di dalam penelitian. }, issn = {2829-1859}, pages = {482--489} doi = {10.14710/empati.2020.30068}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/30068} }
Refworks Citation Data :
Self Monitoring adalah kecenderungan untuk mengatur tingkah laku berdasarkan petunjuk eksternal, mengikuti bagaimana orang lain bereaksi (self-monitoring tinggi) atau berdasarkan petunjuk internal seperti keyakinan seseorang dan sikapnya (self-monitoring rendah). Perilaku konsumtif merupakan kegiatan menggunakan barang atau jasa untuk memperoleh kepuasan sebesar-besarnya. Kepuasan ini dapat diraih dari manfaat atau daya guna dari barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara self monitoring dengan perilaku konsumtif pada siswa SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 dan 11 SMA Islam Al Azhar 14 Semarang dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 129 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu Skala Perilaku Konsumtif dan Skala Self Monitoring. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan antara self monitoring dengan perilaku konsumtif (rxy= 0,405 ; p< 0,001). Semakin tinggi self monitoring maka semakin tinggi perilaku konsumtif. Begitu juga sebaliknya semakin rendah self monitoring maka semakin rendah perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif dapat dijelaskan oleh self monitoring sebesar 16,4% dan sisa 86,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diukur di dalam penelitian.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University