slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN SELF MONITORING DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN GADGET PADA SISWA SMA ISLAM AL AZHAR 14 SEMARANG | Santoso | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN SELF MONITORING DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN GADGET PADA SISWA SMA ISLAM AL AZHAR 14 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 31 Jan 2021; Published: 31 Jan 2021.
Open Access Copyright 2020 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Self Monitoring adalah kecenderungan untuk mengatur tingkah laku berdasarkan petunjuk eksternal, mengikuti bagaimana orang lain bereaksi (self-monitoring tinggi) atau berdasarkan petunjuk internal seperti keyakinan seseorang dan sikapnya (self-monitoring rendah). Perilaku konsumtif merupakan kegiatan menggunakan barang atau jasa untuk memperoleh kepuasan sebesar-besarnya. Kepuasan ini dapat diraih dari manfaat atau daya guna dari barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara self monitoring dengan perilaku konsumtif pada siswa SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 dan 11 SMA Islam Al Azhar 14 Semarang dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 129 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu Skala Perilaku Konsumtif dan Skala Self Monitoring. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan  terdapat hubungan positif signifikan antara self monitoring dengan perilaku konsumtif (rxy= 0,405 ; p< 0,001). Semakin tinggi self monitoring maka semakin tinggi perilaku konsumtif. Begitu juga sebaliknya semakin rendah self monitoring maka semakin rendah perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif dapat dijelaskan oleh self monitoring sebesar 16,4% dan sisa 86,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diukur di dalam penelitian.

 

Fulltext View|Download
Keywords: gadget; perilaku konsumtif; self monitoring; siswa

Article Metrics:

  1. Anin F., A., BS, R., & Atamimi, N. (2008). Hubungan self monitoring dengan impulsive buying terhadap produk fashion pada remaja. Jurnal Psikologi, 3 (2), 181-193
  2. Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi sosial. (10th ed.). Jakarta: Erlangga
  3. Chita, R. C., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan antara self-control dengan perilaku konsumtif online shopping produk fashion pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulagi angkatan 2011. Jurnal e-Biomedik (eBm), 3(1), 299-301
  4. Damayanti, N. A., & Harti. (2014). Pengaruh tingkat keaktifan penggunaan jejaring sosial terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 9 Surabaya dalam berbelanja online. E-JOURNAL UNESA, 2(3), 9-10
  5. Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2010). Perilaku konsumen: Jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara Publisher
  6. Myers, D. G. (2013). Social psychology. (11th ed.). New York, NY: McGraw Hill
  7. Ningrum, U. Y. (2011). Perilaku konsumtif terhadap produk pakaian distro ditinjau dari konformitas pada siswi SMK Abdi Negara Muntilan. Jurnal Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 3(5), 60-63
  8. Nurmala, K. (2015). Perceived Organizational Support (POS), keadlilan organisasi dan self-monitoring sebagai prediktor Organizational Citizenship Behavior (OCB). Jurnal Psikologi Universitas Islam Syarif Hidayatullah, 2(1) 142-149
  9. Santrock, J. W. (2012). Life-span development perkembangan masa-hidup jilid 1. (13th ed.) Jakarta: Penerbit Erlangga
  10. Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2004). Perilaku konsumen. (7th ed.). Jakarta: Indeks
  11. Sukma, D. (2016, Maret 31). Data gfk: 9 dari 10 orang Indonesia internetan lewat smartphone. Arenalte. http://arenalte.com/berita/industri/data-gfk-terbaru-2016-pengguna-smartphone -indonesia/
  12. Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan. Bandung: Alfabeta
  13. Triyaningsih, S. L. (2011). Dampak online marketing melalui facebook terhadap perilaku konsumtif masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 11(2), 174
  14. Waluyo, Suwardi, Feryanto, A., & Haryanto, T. (2008). Ilmu pengetahun sosial. Jakarta: Gramedia
  15. Widiartono, Y. H. (2016, Oktober 24). 2016, Pengguna internet di Indonesia capai 132 juta. Kompas. http://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet. di.indonesia.capai.132.juta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.