Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI29443, author = {Amalia Ningtyas and Yeniar Indriana}, title = {STUDI FENOMENOLOGI : PROSES MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PADA PENYANDANG TUNADAKSA DEWASA AWAL AKIBAT KECELAKAAN}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {12}, number = {3}, year = {2023}, keywords = {Tuna Daksa Akibat Kecelakaan; Kepercayaan Diri; Dewasa Awal}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk menemukan makna dan gambaran mengenai dinamika psikologis seorang tuna daksa dewasa awal akibat kecelakaan dalam membangun kepercayaan diri. Subjek dalam penelitian berjumlah tiga orang yang mengalami ketunadaksaan akibat kecelakaan dan memiliki status belum menikah. Teknik yang digunakan dalam pencarian subjek adalah purposive sampling dimana sampel dipilih berdasarkan karakteristik penelitian (Patton, 2009). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) yang berfokus pada pengalaman subjek melalui kehidupan pribadi dengan menggunakan wawancara semi terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membangun kepercayaan diri ketiga subjek melalui proses dan tahapan yang berbeda-beda sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas hidup setiap individu. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor internal (seperti, inferior, kurang percaya diri, tidak berdaya, dan lainnya) serta faktor eksternal (seperti dukungan keluarga, stigma dan diskriminasi lingkungan, dan lainnya). }, issn = {2829-1859}, pages = {237--245} doi = {10.14710/empati.2023.29443}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/29443} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan makna dan gambaran mengenai dinamika psikologis seorang tuna daksa dewasa awal akibat kecelakaan dalam membangun kepercayaan diri. Subjek dalam penelitian berjumlah tiga orang yang mengalami ketunadaksaan akibat kecelakaan dan memiliki status belum menikah. Teknik yang digunakan dalam pencarian subjek adalah purposive sampling dimana sampel dipilih berdasarkan karakteristik penelitian (Patton, 2009). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) yang berfokus pada pengalaman subjek melalui kehidupan pribadi dengan menggunakan wawancara semi terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membangun kepercayaan diri ketiga subjek melalui proses dan tahapan yang berbeda-beda sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas hidup setiap individu. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor internal (seperti, inferior, kurang percaya diri, tidak berdaya, dan lainnya) serta faktor eksternal (seperti dukungan keluarga, stigma dan diskriminasi lingkungan, dan lainnya).
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University