skip to main content

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN ADAPTABILITAS KARIER PADA SISWA KELAS XII SMA SANTA URSULA JAKARTA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 30 Jul 2020; Published: 21 Jun 2023.
Open Access Copyright 2023 Jurnal Empati
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Adaptabilitas karier merupakan kesiapan dan kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu dalam memilih, menentukan, menghadapi, serta mengatasi tantangan dalam masa depannya, baik yang dapat diduga ataupun tidak terduga. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu untuk mengenali dan memahami diri sendiri serta orang lain sehingga dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Siswa SMA kelas XII sedang berada berada pada tahap perkembangan karier eksplorasi dan merupakan populasi yang akan menghadapi transisi dari jenjang pendidikan menuju karier dunia kerja, sehingga diharapkan mampu untuk beradaptasi, baik di lingkungan pendidikan yang lebih tinggi maupun di lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan adaptabilitas karier pada siswa kelas XII SMA Santa Ursula Jakarta. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 213 siswa kelas XII dengan sampel sebanyak 144 siswa, yang diambil dengan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Skala Kecerdasan Emosional (24 aitem, ) dan Skala Adaptabilitas Karier (23 aitem, ). Teknik analisis data menggunakan analisis Spearman’s Rank dan menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan adaptabilitas karier (rxy = 0,354,  p  = 0,000). Artinya, semakin tinggi kecerdasan emosional, maka semakin tinggi adaptabilitas karier, dan sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional, maka semakin rendah pula adaptabilitas karier.

Fulltext View|Download
Keywords: kecerdasan emosional; adaptabilitas karier; siswa kelas XII

Article Metrics:

  1. Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik pemuda Indonesia 2019 (04220.1904). https://www.bps.go.id/publication/2019/12/20/8250138f59ccebff3fed326a/statistik-pemuda-indonesia-2019.html
  2. Coetzee, M., & Beukes, C. J. (2010). Employability, emotional intelligence and career preparation support satisfaction among adolescents in the school-to-work transition phase. Journal of Psychology in Africa, 20(3), 439-446. https://doi.org/10.1080/14330237.2010.10820396
  3. Coetzee, M., & Harry, N. (2014). Emotional intelligence as a predictor of employees’ career adaptability. Journal of Vocational Behavior, 84(1), 90-97. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2013.09.001
  4. Di Fabio, A., Palazzeschi, L., Asulin-Peretz, L., & Gati, I. (2012). Career indecision versus indeci- siveness: associations with personality traits and emotional intelligence. Journal of Career Assessment, 21(1), 42-56. https://doi.org/10.1177/1069072712454698
  5. Goleman, D. (2001). Kecerdasan emosional. Gramedia Pustaka Utama
  6. Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama
  7. Koen, J., Klehe, U., & Van Vianen, A. (2012). Training career adaptability to facilitate a successful school-to-work transition. Journal of Vocational Behavior, 81(3), 395-408. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.10.003
  8. Lent, R. W., & Brown, S. D. (2012). Career development and counseling: putting theory and research to work (2nd ed.). John Willey & Sons
  9. Mardiyati, B. D., & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan adaptabilitas karier ditinjau dari jenis sekolah (SMA dan SMK). Empathy: Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1), 31-41
  10. Mustikaningrum, L., Desiningrum, D. R. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kematangan karier pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Demak. Jurnal Empati, 6(4), 91-95. https://doi.org/10.14710/empati.2017.19994
  11. Savickas, M. L. & Porfeli, E. (2012). Career adapt-abilities scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Career Assessment, 80(3), 661–673. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.011
  12. Schutte, N. S., Malouff, J. M., & Bhullar, N. (2009). The assessing emotions scale. Dalam C. Stough, D
  13. Saklofske, & J. Parker (Eds.), The assessment of emotional intelligence (pp. 119-135). Springer
  14. Setiawan. N. (2007). Penentuan ukuran sampel memakai rumus sloving dan tabel krejcie-morgan. Pustaka Ilmiah Universitas Padjadjaran http://pustaka.unpad.ac.id/archives/6736
  15. Van Rooy, D., Alonso, A., & Viswesvaran, C. (2005). Group differences in emotional intelligence scores: Theoretical and practical implications. Personality and Individual Differences, 38, 689-700. https://doi.org/10.1016/j.paid.2004.05.023

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.