skip to main content

PERSEPSI TERHADAP HARAPAN ORANGTUA SEBAGAI PREDIKTOR INISIATIF PERTUMBUHAN DIRI PADA MAHASISWA GENERASI Z

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 1 Oct 2020; Published: 1 Oct 2020.

Citation Format:
Abstract

Inisiatif pertumbuhan diri diperlukan oleh mahasiswa generasi Z yang sedang memasuki masa emerging adulthood pada era digital saat ini. Persepsi terhadap harapan orangtua diduga menjadi variabel yang dapat memprediksi inisiatif pertumbuhan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris peran persepsi harapan orangtua terhadap inisiatif pertumbuhan diri pada mahasiswa generasi Z. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang dengan populasi 673 mahasiswa dan jumlah sampel penelitian 233 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala Inisiatif Pertumbuhan Diri (20 item valid,a = 0,880) dan Skala Persepsi terhadap Harapan Orangtua (24 item valid, a= 0,877). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model regresi diterima (F(1) = 36,502; p< 0,001; R2= 0,136) dengan β = 0,369 (p = 0,001). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi terhadap harapan orangtua memiliki peran positif dalam memprediksi tingkat inisiatif pertumbuhan diri pada mahasiswa generasi Z.

 

Fulltext View|Download
Keywords: inisiatif pertumbuhan diri, mahasiswa generasi Z, persepsi terhadap harapan orangtua

Article Metrics:

  1. Arnett, J.J. (2000). Emerging adulthood: A theory of development from the late teens through twenties. American Psychoogist, 55, 469 – 480
  2. Bencsik, A. & Machova, R. (2016). Knowledge sharing problems from the viewpoint of intergeneration management. Dalam 4th International Conferences Management, Leadership and Governance - ICMLG 2016. St Petersburg: Academic Conferences and Publishing Limited
  3. Fukuoka, Y. (2016). Effects of trust in parents, expectations from parents, and perception of parents’ expectations on university students’ achievement motivation. Kawasaki Journal of Medical Welfare, 22(2), 61-76
  4. Gintulangi, I., & Prihastuti. (2014). Hubungan persepsi mahasiswa terhadap harapan orangtua dalam penyelesaian studi S1 dengan tingkat stres mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 3, 134 – 139
  5. Hill, P. L., Schultz, L. H., Jackson, J. J., & Andrews, J. A. (2018). Parent-child conflict during elementary school as a longitudinal predictor of sense of purpose in emerging adulthood. Journal of Youth and Adolescence, 48(1), 145-153
  6. Jackson, Y. (2006). Encyclopedia of multicultural psychology. California, CA: Sage Publications, Inc. Keyes, C. L. M. (2003). Complete mental health: An agenda fot the 21st Century. Dalam C. L. M. Keyes & J. Haidt (Eds.). Flourishing: Positive psychology and the life well-lived (p. 293–312). Worcester, MA: American Psychological Association
  7. Kumusumaningtyas, W., Dewi, E. K., & Ariati, J. (2015). Hubungan antara persepsi terhadap harapan orangtua dengan motivasi berprestasi pada siswa SMP N 31 Semarang. Empati, 2(4), 495 – 506
  8. Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga: penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta: Prenada Media Group
  9. Nainggolan, L. (2007). Hubungan antara persepsi terhadap harapan orangtua dengan ketakutan akan kegagalan pada mahasiswa program studi psikologi universitas diponegoro semarang. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Diponegoro, Semarang
  10. Papalia, D. E., Sterns, H. L., Feldman, R. D., & Camp, C. J. (2007). Adult development and aging. New York, NY: Mc. Graw-Hill
  11. Robitschek, C., Ashton, M. W., Spering, C. C., Geiger, N., Byers, D., Schotts, G. C., & Thoen, M. A. (2012). Development and psychometric evaluation of the Personal Growth Initiative Scale–II. Journal of Counseling Psychology, 59(2), 274–287
  12. Sharma, S. K., Garg, P., & Rastogi, R. (2011). Personality as a predictor of personal growth initiative. The IUP Journalof Organizational Behavior, 10(3), 41–52
  13. Snyder, C.R. & Lopez, S.J. (2002). Handbook of positive psychology. New York, NY: Oxford University Press
  14. Stillman, D., & Stillman, J. (2018). Generasi Z: Memahami karakter generasi baru yang akan mengubah dunia kerja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  15. Sugiarti, Z. W. S. (2017). Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap harapan orangtua dengan tingkat stress dalam menyusun skripsi. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Islam Sultan Agung, Semarang
  16. Wang, L.F. & Heppner, P.P. (2002). Assessing the impact of parental expectations and psychological distress on Taiwanese college students. The Counseling Psychologist, 30(4), 582-608
  17. Whittaker, A.E. & Robitscheck, C. (2001). Multidimensional family functioning: predicting personal growth initiative. Journal of Counseling Psychology, 48(4), 420 – 427

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.