skip to main content

PENGALAMAN BEKERJA SEBAGAI CAREGIVER DI WISMA TUNA GANDA PADA IBU DENGAN ANAK BALITA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 10 Sep 2020; Published: 21 Jun 2023.
Open Access Copyright 2023 Empati
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

 

Anak tunaganda adalah anak yang menderita dua atau lebih ketunaan atau kecacatan dalam segi fisik, mental, emosi, dan sosial yang menyebabkan mereka memiliki ketidakmampuan dalam melayani kebutuhan sehari-hari. Seorang caregiver memiliki tugas sehari-hari yaitu memberikan dukungan dan bantuan dalam merawat anak tunaganda. Masalah tingkah laku dan keterbatasan yang dimiliki anak tunaganda seringkali memunculkan rintangan yang dirasakan oleh caregiver. Bekerja sebagai caregiver dan di sisi lain merupakan seorang ibu dengan anak balita, memunculkan adanya dua tuntutan peran, yaitu peran dalam pekerjaan dan dalam keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengalaman bekerja sebagai caregiver di Wisma Tuna Ganda pada ibu dengan anak balita. Partisipan berjumlah tiga orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (in-depth interview). Kemudian data dianalisis dengan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Penelitian ini menghasilkan lima tema induk, yaitu (1) proses pengambilan keputusan bekerja sebagai caregiver di Wisma Tuna Ganda, (2) menjalani konsekuensi atas pekerjaan, (3) penyesuaian peran sebagai caregiver tunaganda, (4) penyesuaian peran sebagai ibu dari anak balita, (5) faktor penguat dalam mempertahankan bekerja. Penelitian ini juga menghasilkan satu tema khusus yang hanya muncul pada partisipan T, yaitu rasa bersalah terhadap anak asuh.

 

Fulltext View|Download
Keywords: anak tunaganda; anak balita; caregiver; ibu bekerja

Article Metrics:

  1. Allen, T. D., Cho, E., & Meier, L. M. (2014). Work-family boundary dinamics. Anual Review of Psychology and Organizational Behavioral, 1, 99-121. https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-031413-091330
  2. Baumeister, R. F., Vohs, K. D., DeWall, C. N., & Zhang, L. (2007). How emotion shapes behavior: feedback, anticipation and reflection rather than direct causation. Journal Personality and Social Psychology Review, 11(2), 167-203. https://doi.org/10.1177/1088868307301033
  3. Carlson, D. S., Kacmar, K. M., & Williams, L. J. (2000). Construction and initial validation of a multidimensional measure of work-family conflict. Journal of Vocational Behavior, 56(2), 249-276. https://doi.org/10.1006/jvbe.1999.1713
  4. Cohen, T. R., Wolf, S. T., Panter, A. T., & Insko, C. A. (2010). Introducing the GASP scale: a new measure of guilt and shame prononess. Journal of Personality and Social Psychology. 100(5), 947-966. https://doi.org/10.1037/a0022641
  5. Dewi, C.M. (2008). Faktor-faktor komitmen kerja ibu asuh panti asuhan [Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta]. Eprints Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/2402/
  6. Emmons, R. A. (2007). Thanks!: How the new science of gratitude can make you happier. Houghton Miflin Company
  7. Febriyanti, D. A., Listiara, A., & La Kahija, Y.F. (2015). Penyesuaian diri dalam bekerja pada pengasuh di panti asuhan cacat ganda: Studi fenomenologis. Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 69-80. https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.69-80
  8. Goleman, D. (2006). Social intelligence: Ilmu baru tentang hubungan antar-manusia. PT Gramedia Pustaka Utama
  9. Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. (2006). Exceptional learners: Introduction to special education (10th ed.). Pearson
  10. Juliansah, A. & Suryaputri, R. V. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir sebagai profesi akuntan publik bagi mahasiswa akuntansi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 3(2), 113-134
  11. Latiana, L. (2010). Pendidikan anak dalam keluarga. PG Paud Unnes
  12. Lilly, J. D., & Duffy, J. A. (2006). A gender-sensitive study of mcclelland’s needs, stress, and turnover intent with work-family conflict. Women in Management Review, 21(8), 662-680. https://doi.org/10.1108/09649420610712045
  13. Mahmudah, I. (2009). Perbedaan ketangguhan pribadi (hardiness) antara siswa dan siswi di sekolah menengah pertama daerah rawan abrasi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(2), 47-59. https://doi.org/10.23917/indigenous.v11i2.1657
  14. Majorsy, U. (2007). Kepuasan kerja, semangat kerja dan komitmen organisasional pada staf pengajar Universitas Gunadarma. Jurnal Psikologi, 1(1), 63-74
  15. Megawangi, R. (2014). Kelekatan ibu-anak “Kunci membangun bangsa”. Indonesia Heritage Foundation (IHF)
  16. Octavianus, W.R. & Adolfina. (2018). Pengaruh pengalaman kerja dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Telkom Indonesia Cabang Manado. Jurnal EMBA, 6(3), 1758-1767. https://doi.org/10.35793/emba.v6i3.20445
  17. Ogden, J. (2012). Health psychology: The text book. (5th ed.). McGraw-Hill Education
  18. Safitrasari, D. (2012). Dukungan sosial oleh perawat terhadap anak penyandang cacat ganda di wisma tunaganda palsigunung [Skripsi, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia]. Lontar UI. https://www.lontar.ui.ac.id/detail?id=20289879&lokasi=lokal
  19. Santrock, J. W. (2013). Life span development (Perkembangan masa hidup) jilid 1. Erlangga
  20. Sartika, C., Balaka, M. Y., & Rumbia, W. A. (2016). Studi faktor-faktor penyebab kemiskinan masyarakat Desa Lohia Kecamatan Lohia Kabupaten Muna. Jurnal Ekonomi, 1(1), 106-118
  21. Smith, J. A., Flowers, P., & Larkin. (2010). Interpretative phenomenological analysis: Theory, method, and research. Sage Publication
  22. Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Prenada Mediagroup
  23. Thamrin, K. M. H., & Bashir, A. (2015). Persepsi seseorang dalam memilih pekerjaan sebagai dosen perguruan tinggi negeri di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(3), 397- 412. https://doi.org/10.29259/jmbs.v13i3.3381

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.