Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI27614, author = {Rista Ulfia and Diana Rusmawati}, title = {HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KUDUS DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {12}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {full day school; motivasi berprestasi; penyesuaian diri;}, abstract = { Full day school merupakan sistem pembelajaran sehari penuh selama 5 hari dalam semingu. Diterapkannya sistem ini membuat para siswa kesulitan dalam menjalani pembelajaran di sekolah. Banyak siswa yang merasa tertekan sehingga membuat siswa enggan untuk menjalankan tanggungjawabnya dengan cara yang terbaik agar mencapai keberhasilan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kudus dengan pembelajaran full day school . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kudus yang berjumlah 388 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 188 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling . Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala model likert, diantaranya yaitu Skala Penyesuaian Diri (32 aitem, α = 0,890) dan Skala Motivasi Berprestasi (29 aitem, α = 0,884). Hasil pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana memperoleh nilai koefisiensi korelasi r xy = 0,780 dengan p = 0,000 ( p <0,05). Hasil tesebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara penyesuaian diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kudus. Artinya, semakin tinggi penyesuaian diri siswa, maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi siswa. Penyesuaian diri memberikan sumbangan efektif sebesar 60,8% pada motivasi berprestasi. }, issn = {2829-1859}, pages = {128--132} doi = {10.14710/empati.2023.27614}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/27614} }
Refworks Citation Data :
Full day school merupakan sistem pembelajaran sehari penuh selama 5 hari dalam semingu. Diterapkannya sistem ini membuat para siswa kesulitan dalam menjalani pembelajaran di sekolah. Banyak siswa yang merasa tertekan sehingga membuat siswa enggan untuk menjalankan tanggungjawabnya dengan cara yang terbaik agar mencapai keberhasilan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kudus dengan pembelajaran full day school. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kudus yang berjumlah 388 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 188 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala model likert, diantaranya yaitu Skala Penyesuaian Diri (32 aitem, α = 0,890) dan Skala Motivasi Berprestasi (29 aitem, α = 0,884). Hasil pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana memperoleh nilai koefisiensi korelasi rxy = 0,780 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tesebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara penyesuaian diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kudus. Artinya, semakin tinggi penyesuaian diri siswa, maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi siswa. Penyesuaian diri memberikan sumbangan efektif sebesar 60,8% pada motivasi berprestasi.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University