skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KUDUS DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 31 May 2020; Published: 21 Jun 2023.
Open Access Copyright 2023 Empati
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Full day school merupakan sistem pembelajaran sehari penuh selama 5 hari dalam semingu. Diterapkannya sistem ini membuat para siswa kesulitan dalam menjalani pembelajaran di sekolah. Banyak siswa yang merasa tertekan sehingga membuat siswa enggan untuk menjalankan tanggungjawabnya dengan cara yang terbaik agar mencapai keberhasilan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kudus dengan pembelajaran full day school. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kudus yang berjumlah 388 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 188 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala model likert, diantaranya yaitu Skala Penyesuaian Diri (32 aitem, α = 0,890) dan Skala Motivasi Berprestasi (29 aitem, α = 0,884). Hasil pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana memperoleh nilai koefisiensi korelasi rxy = 0,780 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tesebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara penyesuaian diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kudus. Artinya, semakin tinggi penyesuaian diri siswa, maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi siswa. Penyesuaian diri memberikan sumbangan efektif sebesar 60,8%  pada motivasi berprestasi.

Fulltext View|Download
Keywords: full day school; motivasi berprestasi; penyesuaian diri;

Article Metrics:

  1. Agustin, U., Rochani, S., & Rohmad, Z. (2015). Hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan teman sebaya dengan motivasi berprestasi siswa kelas X IPS SMA N 1 Karanganyar. Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi Ant, 6(2), 1-16
  2. Arianto, Sukmawati, & Radiana, U. (2018). The evaluation of full day school program in SMAN 10 Singkawang. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(1), 178-186. https://doi.org/10.26737/jetl.v3i1.744
  3. Desmita. (2016). Psikologi perkembagan peserta didik. Remaja Rosda Karya
  4. Fakhria, M., & Setiowati, E. A. (2017). Motivasi berprestasi siswa ditinjau dari fasilitasi sosial dan ketakutan akan kegagalan. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2, 29–42. http://dx.doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.1279
  5. Honggowiyono, P. (2015). Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Gunung Samudera
  6. Kananifar, N., & Husain, A. (2019). Identifying desirable values among the counseling students od Iran and Malaysia. Universitas Malaya
  7. Khan, A. (2016). Influence of academic stress on students’ self-concept, adjustment and achievement motivation [Tesis, Aligarh Muslim University]. Eprints Aligarh Muslim University. http://ir.amu.ac.in/9973/1/T9966.pdf
  8. Lidstrom, H., Hemmingsson, H., & Ekbladh, E. (2019). Individual adjustment needs for students in regular upper secondary school. Scandinavian Journal of Educational Research, 0031-3831. https://doi.org/10.1080/00313831.2019.1595714
  9. Santrock, J. W. (2013). Psikologi pendidikan. Kencana Prenada Media Group
  10. Schneiders, A. A. (1964). Personal adjustment and mental health. Rinehart and Winston
  11. Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2012). Motivasi dalam pendidikan: Teori, penelitian dan aplikasi (3rd ed.). PT Indeks
  12. Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktek (9th ed.). PT Indeks

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.