skip to main content

HUBUNGAN ANTARA MINDFULLNESS DAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA BARU YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN X, Y, DAN Z

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mindfulness dan psychological well-being pada mahasiswa baru yang tinggal di pondok pesantren X, Y, dan Z yang berada di wilayah Semarang. Mindfulness dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana individu memiliki perhatian penuh terhadap setiap momen.Psychological well-being merupakan suatu keadaan dimana individu memiliki sikap positif terhadap dirinya dan orang lain. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa baru yang tinggal di pondok pesantren X, Y, dan Z. Data diperoleh dari 78 orang mahasiswa baru yang tinggal di pondok pesantren dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan alat ukur skala psikologi yaitu Skala Mindfulness (20 aitem, α= 0,923) dan Skala Psychological Well-being (24 aitem, α= 0,922). Analisis data menggunakan metode non parametrik Spearman’s Rho. Hasil analisis data menunjukkan  nilai =0,658; dengan p = 0,000 (p<0,001), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara mindfulness dan psychological well-being pada mahasiswa baru yang tinggal di pondok pesantren X, Y, dan Z. Semakin tinggi mindfulness, maka akan semakin tinggi pula psychological well-being dan sebaliknya.

Fulltext View|Download
Keywords: mindfulness, psychological well-being, mahasiswa baru, santri

Article Metrics:

  1. Amawidyati, S. A. & Utami, M. S. (2007). Religiusitas dan psychological well-being pada korban gempa. Jurnal Psikologi, 34(2), 164-176
  2. Bishop, S. R., Lau, M., Shapiro, S., Carlson, L. Anderson, N. C., Camody, J., … Devins, G. (2004). Mindfulness: a proposed operational definition. Clinical Psychology: Science and Practice, 11(3), 230-241. doi 10.1093/clipsy/bph077
  3. Brown, K. W & Ryan, R. M. (2003). The benefits of being present: mindfulness and its role in psychological well-being. Jurnal of Personality and Social Psychology, 84(4), 822-848. doi: 10.1037/0022-3514.84.4.822
  4. Dhofier, Zamakhsyari. (2011). Tradisi pesantren: studi tentang pandangan hidup kyai. Jakarta: LP3ES
  5. Dinova. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dengan psychological well-being pada remaja panti asuhan. (Skripsi). Malang: Universitas Muhammadiah Malang
  6. Dyah, A. S. P., & Fourianalistyawati, E. (2018). Peran trait mindfulness terhadap kesejahteraan psikologis pada lansia. Jurnal Psikologi Ulayat, 5(1), 109-122. doi 10.24854/jpul2018-115
  7. Erpiana, A. & Fourianalistyawati, E. (2018). Peran trait mindfulness terhadap psychological well-being pada dewasa awal. Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 67-82. doi: 10.15575/psy.v5il.1774
  8. Hiester, M., Nordstrom, A., & Swenson, L. M. (2009). Stability and change in parental attachment and adjustment outcomes during the first semester transition to college life. Journal ofCollege Student Development , 50(5), 521
  9. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2018, dari https://kbbi.web.id/mahasiswa
  10. Kinasih, A. S., & Hadjam, M. N. R. (2011). Pelatihan mindfulness untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis remaja difabel fisik. Jurnal Intervensi Psikologis, 3(1), 49-76
  11. Mace, C. (2008). Mindfulness and mental health: Therapy, theory, and science. New York: Routledge
  12. Madjid, N. (1997). Bilik-bilik pesantren sebuah potret perjalanan. Jakarta: Paramadin
  13. Purwanti, D. A. & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan antara resiliensi dengan psychological well-being pada ibu yang memiliki anak dengan gangguan autis. Jurnal Empati. 7(1). 283-287
  14. Savitri, W. C. & Listyandini, R. A. (2017). Mindfulness dan kesejahteraan psikologis remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 43-59. doi: http://dx.doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.1323
  15. Tasema, Y. K. (2018). Hubungan antara psychological well-being dan kepuasan kerja pada karyawan di kantor X. Jurnal Maneksi, 7(1), 39-46

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.