Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI24405, author = {Ristan Hidayati and Frieda Hadiyati}, title = {HUBUNGAN ANTARA SIBLING RIVALRY DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 27 SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {8}, number = {2}, year = {2019}, keywords = {motivasi berprestasi, sibling rivalry, siswa kelas IX}, abstract = { Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara sibling rivalry dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas IX sekolah menengah pertama Negeri 27 Semarang. Sibling rivalry adalah persaingan antara saudara kandung dalam memperebutkan perhatian dan kasih sayang orang tua. Sedangkan motivasi berprestasi adalah motif untuk berkompetisi dengan dirinya atau dengan orang lain dalam mencapai prestasi yang tertinggi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 27 Semarang yang memiliki saudara kandung. Populasi berjumlah 247 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 152 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling . Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi berupa Skala Sibling Rivalry (22 aitem; α = .872) dan Skala Motivasi Berprestasi (21 aitem; α = .826) yang telah diujicobakan pada 59 siswa. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara sibling rivalry terhadap motivasi berprestasi yang ditunjukkan melalui koefisien korelasi r xy = -.327 dengan p = .000 (p < .05). Artinya, semakin tinggi tingkat sibling rivalry maka semakin tinggi rendah motivasi berprestasi siswa, begitupun sebaliknya, semakin rendah tingkat sibling rivalry maka semakin tinggi motivasi berprestasi. Sumbangan efektif yang diberikan oleh sibling rivalry sebayak 10.7% terhadap motivasi berprestasi, sedangkan sisanya sebesar 89.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {406--412} doi = {10.14710/empati.2019.24405}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/24405} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara sibling rivalry dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas IX sekolah menengah pertama Negeri 27 Semarang. Sibling rivalry adalah persaingan antara saudara kandung dalam memperebutkan perhatian dan kasih sayang orang tua. Sedangkan motivasi berprestasi adalah motif untuk berkompetisi dengan dirinya atau dengan orang lain dalam mencapai prestasi yang tertinggi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 27 Semarang yang memiliki saudara kandung. Populasi berjumlah 247 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 152 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi berupa Skala Sibling Rivalry (22 aitem; α = .872) dan Skala Motivasi Berprestasi (21 aitem; α = .826) yang telah diujicobakan pada 59 siswa. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara sibling rivalry terhadap motivasi berprestasi yang ditunjukkan melalui koefisien korelasi rxy = -.327 dengan p = .000 (p < .05). Artinya, semakin tinggi tingkat sibling rivalry maka semakin tinggi rendah motivasi berprestasi siswa, begitupun sebaliknya, semakin rendah tingkat sibling rivalry maka semakin tinggi motivasi berprestasi. Sumbangan efektif yang diberikan oleh sibling rivalry sebayak 10.7% terhadap motivasi berprestasi, sedangkan sisanya sebesar 89.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University