skip to main content

HUBUNGAN ANTARA SIBLING RIVALRY DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 27 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Aug 2019; Published: 19 Aug 2019.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara sibling rivalry dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas IX sekolah menengah pertama Negeri 27 Semarang. Sibling rivalry adalah persaingan antara saudara kandung dalam memperebutkan perhatian dan kasih sayang orang tua. Sedangkan motivasi berprestasi adalah motif untuk berkompetisi dengan dirinya atau dengan orang lain dalam mencapai prestasi yang tertinggi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 27 Semarang yang memiliki saudara kandung. Populasi berjumlah 247 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 152 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi berupa Skala Sibling Rivalry (22 aitem; α = .872) dan Skala Motivasi Berprestasi (21 aitem; α = .826) yang telah diujicobakan pada 59 siswa. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara sibling rivalry terhadap motivasi berprestasi yang ditunjukkan melalui koefisien korelasi rxy = -.327 dengan p = .000 (p < .05). Artinya, semakin tinggi tingkat sibling rivalry maka semakin tinggi rendah motivasi berprestasi siswa, begitupun sebaliknya, semakin rendah tingkat sibling rivalry maka semakin tinggi motivasi berprestasi. Sumbangan efektif yang diberikan oleh sibling rivalry sebayak 10.7% terhadap motivasi berprestasi, sedangkan sisanya sebesar 89.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: motivasi berprestasi, sibling rivalry, siswa kelas IX

Article Metrics:

  1. Astuti, I. M. (2015). Hubungan antara sibling rivalry dengan perilaku agresi verbal pada remaja. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
  2. Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Diarawati, Y. A. (2018). Hubungan antara sibling rivalry dengan motivasi berprestasi pada masa anak akhir. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
  4. Feldman, P. O. (2009). Human development perkembangan manusia, Buku 2 edisi 10. Jakarta: Salemba Humanika. Penerjemah Brian Marwensdy
  5. Hawadi, R. A. (2001). Psikologi perkembangan anak: mengenal sifat, bakat, dan kemampuan anak. Jakarta: PT Grasindo
  6. Karaman, M. A., & Watson, J. C. (2017). Examining associations among achievement motivation, locus of control, academic stress, and life satisfaction: a comparison of U.S. and international undergraduate students. Personality and Individual Differences, 111, 106-110. Doi: 10.1016/j.paid.2017.02.006
  7. Maiorano, M. (2010). A case study on sibling rivalry and the use of a social skills training model. Thesis. United States: Rowan University. Learning and Individual Differences, 22, I33-138
  8. Putri, Z. A. (2018). Kemendikbud: nilai rata-rata UN SMP 2018 alami penurunan. Diakses dari: https://news.detik.com/berita/4042222/kemendikbud-nilai-rata-rata-un-smp-2018-alami-penurunan
  9. Rahmawati, E. (2013). Hubungan antara sibling rivalry dengan kemampuan penyesuaian sosial anak usia sekolah di SDN Cirendeu III. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  10. Santrock, J. W. (2014). Psikologi pendidikan. Jilid 2 edisi 5. Jakarta: Salemba Humanika. Penerjemah Harya Bhimasena
  11. Sari, M. (2013). Faktor penyebab dan dampak psikologis persaingan antara saudara kandung pada mahasiswa yang tinggal satu kost. Jurnal Universitas Ahmad Dahlan
  12. Shaffer, D. R., & Kipp, K. (2010). Development psychology: childhood and adolescence (8th ed.). Belmont: Wadsworth, Cengage Learning
  13. Sugiyono. (2009). Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta
  14. Vevandi, T. (2015). Hubungan sibling rivalry dengan motivasi berprestasi pada remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 4, 46-56
  15. Zhang, Z., et all. (2015). Relationship between self-efficacy beliefs and achievement motivation in student nurses. Chinese Nursing Research, 2, 67-70

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.