skip to main content

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN FEAR OF MISSING OUT PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Aug 2019; Published: 19 Aug 2019.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan fear of missing out (FoMO) pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya mengungkapkan ada perbedaan hasil dari hubungan kedua variabel. Fear of missing out (FoMO) adalah kekhawatiran, ketakutan, dan kecemasan seseorang ketika membandingkan dirinya orang lain yang memiliki pengalaman lebih menarik dan ia merasa ditinggalkan atau tidak terlibat dalam suatu aktivitas. Harga diri yaitu penilaian setiap individu terhadap dirinya sendiri yang mengindikasikan bahwa ia merasa berharga, bermakna, mampu, dan pantas untuk dicintai. Data diperoleh dari 128 mahasiswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang kemudian menjadi convenience sampling karena subjek yang terpilih tidak hadir pada saat pengambilan data. Alat ukur menggunakan Skala Harga Diri (20 aitem, α = 0,841) dan Skala Adaptasi Fear of Missing Out dari Przybylski (6 aitem, α = 0,774). Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi sebesar rxy = -0,082 dengan tingkat signifikansi p = 0,355 (p<0,05), artinya tidak terdapat hubungan antara harga diri dengan fear of missing out (FoMO). Penelitian ini menjadi bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya dengan subjek yang lebih luas dengan mempertimbangkan faktor lain yang berpengaruh pada FoMO.

Fulltext View|Download
Keywords: fear of missing out, harga diri, mahasiswa tahun pertama

Article Metrics:

  1. Barker, P. (2009), Critical psychiatry: the limits of madness. Journal of Psychiatric and Mental Health Nursing, 16, 214-215
  2. DeWall, C. N., & Bushman, B. J. (2011). Social acceptance and rejection: The sweet and the bitter. Current Directions in Psychological Science, 20, 256-260
  3. Eisenberger, N., Jarcho, J., Lieberman, M., & Naliboff, B. (2007). An experimental study of shared sensitivity to physical pain and social rejection. Pain, 126, 132-8
  4. Hurlock, E.B. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama
  5. Jenkins-Guarnieri, M. A., Wright, S. L., & Johnson, B. (2013). Development and validation of a social media use integration scale. Psychology of Popular Media Culture, 2, 38-50Wijanto, E. A., & Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh harga diri terhadap kepuasan kerja, motivasi kerja dan komitmen organisasional karywan departemen penjualan pada PT. X. AGORA, 1(1)
  6. Leary, M. R. (2010). Affiliation, Acceptance, and Belonging: The Pursuit of Interpersonal Connection. In Handbook of Social Psychology (eds S. T. Fiske, D. T. Gilbert and G. Lindzey)
  7. Mehdizadeh, S. (2010). Self-Presentation 2.0: Narcissism and Self-Esteem on Facebook. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 13, 357-64
  8. Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono (2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers
  9. Reagle, J. (2015). Following the Joneses: FOMO and conspicuos sociality. Peer-Reviewed Journal on The Internet. http://firstmonday.org/ojs/index.php/fm/rt/printerFriendly/6064/4996
  10. Shaughnessy, J. J., Zechmeister, E. B., & Zechmeister, J.S. (2012). Research methods in psychology (9th Ed). New York, NY: McGraw Hill
  11. Santrock, J.W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga
  12. Sarwono, S.W. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers
  13. Sheldon, K., Abad, N., & Hinsch, C. (2011). A Two-Process View of Facebook Use and Relatedness Need-Satisfaction: Disconnection Drives Use, and Connection Rewards It. Journal of personality and social psychology, 100, 766-75
  14. Vogel, E. A., Rose, J. P., Roberts, L. R., & Eckles, K. (2014). Social comparison, social media, and self-esteem. Psychology of Popular Media Culture, 3, 206-222. doi: 10.1037/ppm0000047
  15. Zywica, J., & Danowski, J. (2008). The Faces od Facebookers: Investigating Social Enchancement and Social Compensation Hypotheses; Predicting Facebook and Offline Popularity from Sociability and Self-Esteem, and Mapping the Meanings of Popularity with Semantic Networks. Journal of Computer-Mediated Communication. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2008.01429.x

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.