Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI24430, author = {Achaddiana Islamiyah and Thalia Prana and Himmaty Muyassarah and Imam Setyawan}, title = {PENGARUH ZENTANGLE PADA KEMAMPUAN RETENSI MEMORI}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {8}, number = {2}, year = {2019}, keywords = {zentangle, retensi memori, kebosanan}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari zentangle terhadap retensi memori. Partisipan dari penelitian adalah 38 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok pada kelompok kontrol dan eksperimen. Partisipan terdiri dari 29 perempuan dan 9 laki-laki dan memiliki kategori umur 17 – 20 tahun, yang didapat dengan convenience sampling . Desain penelitian menggunakan between subject-design posttest only . Kedua kelompok menerima materi yang sama tentang mindfulness di dalam kelas. Peneliti merancang materi yang diberikan sehingga dapat menggambarkan kondisi seperti di ruang kelas. Rekaman suara yang berisikan nama dan angka diperdengarkan kepada partisipan. Rekaman sebelumya telah diujikan dengan skala untuk melihat tingkat kebosanan. Intervensi yang diberlakukan pada kelompok eksperimen berupa praktik zentangle yang diperbolehkan ketika sesi mendengarkan rekaman. Sementara pada kelompok kontrol hanya diperkenankan mendengar tanpa praktik zentangle . Setelah rekaman suara diputar kemudian diikuti dengan dua jenis tes untuk memori. Tes recall diberikan setelah rekaman suara selesai diputar; sementara itu tes recognition dalam bentuk pilihan ganda diberikan 30 menit setelah sesi listening. Hasil uji analisis menggunakan independent sample t-test (p=0,939) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada tes recall , tetapi terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil analisis menggunakan mann-whitney u test (p=0,001) antara kedua kelompok dalam tes recognition yang diberikan. Implikasi lebih lanjut akan dibahas dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {413--422} doi = {10.14710/empati.2019.24430}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/24430} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari zentangle terhadap retensi memori. Partisipan dari penelitian adalah 38 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok pada kelompok kontrol dan eksperimen. Partisipan terdiri dari 29 perempuan dan 9 laki-laki dan memiliki kategori umur 17 – 20 tahun, yang didapat dengan convenience sampling. Desain penelitian menggunakan between subject-design posttest only. Kedua kelompok menerima materi yang sama tentang mindfulness di dalam kelas. Peneliti merancang materi yang diberikan sehingga dapat menggambarkan kondisi seperti di ruang kelas. Rekaman suara yang berisikan nama dan angka diperdengarkan kepada partisipan. Rekaman sebelumya telah diujikan dengan skala untuk melihat tingkat kebosanan. Intervensi yang diberlakukan pada kelompok eksperimen berupa praktik zentangle yang diperbolehkan ketika sesi mendengarkan rekaman. Sementara pada kelompok kontrol hanya diperkenankan mendengar tanpa praktik zentangle. Setelah rekaman suara diputar kemudian diikuti dengan dua jenis tes untuk memori. Tes recall diberikan setelah rekaman suara selesai diputar; sementara itu tes recognition dalam bentuk pilihan ganda diberikan 30 menit setelah sesi listening. Hasil uji analisis menggunakan independent sample t-test (p=0,939) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada tes recall, tetapi terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil analisis menggunakan mann-whitney u test (p=0,001) antara kedua kelompok dalam tes recognition yang diberikan. Implikasi lebih lanjut akan dibahas dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University