skip to main content

HUBUNGAN ANTARA IDENTITAS SOSIAL DENGAN PERILAKU MEMBELI AKSESORI MOBIL PADA KOMUNITAS GREAT COROLLA DI MAGELANG

*Lintang Putri Pertiwi  -  Fakultas psikologi Universitas Diponegoro, Indonesia
Endang Sri Indrawati  -  Fakultas psikologi Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perilaku membeli aksesori mobil adalah keputusan membeli komponen kendaraan yang dapat memperkuat gaya mobil guna menambah keindahan mobilnya. Identitas sosial adalah penilaian pada diri sendiri yang disesuaikan dengan kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara identitas sosial dengan perilaku membeli aksesori mobil pada Komunitas Great Corolla di Magelang. Populasi penelitian yaitu anggota aktif Komunitas Great Corolla di Magelang dengan usia 20 hingga 40 tahun yang sudah menikah dan membeli aksesori mobil, dari karakteristik tersebut didapat populasi sebanyak 100 orang dengan subjek penelitian sebanyak 70 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala Identitas Sosial (34 aitem; α = 0,922) dan Skala Perilaku Membeli Aksesori Mobil (31 aitem; α = 0,872). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara identitas sosial dengan perilaku membeli aksesori mobil (rxy= 0,511; p= 0,000). Semakin kuat identitas sosial, maka semakin sering perilaku membeli aksesori mobil. Begitu juga sebaliknya, semakin lemah identitas sosial maka semakin jarang perilaku membeli aksesori mobil. Identitas sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 21,6% terhadap perilaku membeli aksesori mobil.

Fulltext View|Download
Keywords: konsumen; keputusan membeli; sosial
Article Info
Section: Research Articles
Language : ID-ID
Statistics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.