Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI23581, author = {Radhitya Noerpratama and Endang Indrawati}, title = {HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {8}, number = {1}, year = {2019}, keywords = {kecerdasan spiritual; motivasi belajar}, abstract = { Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu seberapa pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA yang berjumlah 481 siswa yang terdiri dari 14 kelas. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 217 siswa. Pengumpulan data menggunakan Skala Perilaku Kecerdasan Spiritual yang terdiri dari 30 aitem (α=0,868) dan Skala Motivasi Belajar yang terdiri dari 28 aitem (α=0,897). Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,555 dan p = 0,000. Sumbangan efektif kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar sebesar 30,8% sedangkan 69,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti yaitu, terdapat hubungan positif antara kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA dapat diterima . Semakin tinggi kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh siswa, semakin tinggi motivasi belajar dan semakin rendah kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh siswa, semakin rendah motivasi belajar. }, issn = {2829-1859}, pages = {99--104} doi = {10.14710/empati.2019.23581}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23581} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu seberapa pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA yang berjumlah 481 siswa yang terdiri dari 14 kelas. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 217 siswa. Pengumpulan data menggunakan Skala Perilaku Kecerdasan Spiritual yang terdiri dari 30 aitem (α=0,868) dan Skala Motivasi Belajar yang terdiri dari 28 aitem (α=0,897). Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,555 dan p = 0,000. Sumbangan efektif kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar sebesar 30,8% sedangkan 69,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti yaitu, terdapat hubungan positif antara kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA dapat diterima. Semakin tinggi kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh siswa, semakin tinggi motivasi belajar dan semakin rendah kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh siswa, semakin rendah motivasi belajar.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University