skip to main content

HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN KELAS DAN KETERHUBUNGAN TERHADAP SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SMA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dan keterhubungan terhadap sekolah pada siswa kelas XI SMA. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Mranggen yang masih aktif dan bersedia terlibat dalam penelitian. Sampel dari penelitian ini adalah 240 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Mranggen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Keterhubungan Terhadap Sekolah (39 aitem valid, α = .920) dan Skala Manajemen Kelas (46 aitem valid, α= .925). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien korelasi sebesar rxy = .691 dengan p= .000 (p<.05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara manajemen kelas dan keterhubungan terhadap sekolah. Artinya, semakin baik penilaian siswa mengenai manajemen kelas maka semakin tinggi keterhubungan terhadap sekolah dan semakin buruk penilaian siswa mengenai manajemen kelas maka semakin rendah keterhubungan terhadap sekolah. Manajemen kelas memberikan sumbangan efektif pada keterhubungan terhadap sekolah sebesar 47,8%.

Fulltext View|Download
Keywords: manajemen; kelas

Article Metrics:

  1. Ace Review. (2016). School connectedness: Strategies for increasing protective factors amongy outh. Diunduh dari http://cameloteducation.org/wp-content/uploads/ACEReview_Winter-2016_DIGITAL-1.pdf
  2. Astuty, T. (2015). Buku pedoman umum pelajar sosiologi. Jakarta: Vicosta Publishing
  3. Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Centers for Disease Control and Prevention. (2009). Fostering school connectedness: Improving student health and academic achievement. Diunduh dari https://www.cdc.gov/healthyyouth/protective/pdf/connectedness_administrators.pdf
  5. Chapman, R. L., Buckley, L., Reveruzzi, B., & Sheehan, M. (2014). Injury prevention among friends: The benefits of school connectedness. Journal of Adolescence. 37, 937-944. Doi: 10.1016/j.adolescence.2014.06.009
  6. Djabidi, F. (2016). Manajemen pengelolaan kelas. Malang: Madani
  7. Feldman, R. S. (2012). Pengantar psikologi. Jakarta: Salemba Humanika
  8. Joyce, H. D. & Early T. J. (2014). The impact of school connectedness and teacher support on depressive symptoms in adolescents: A multilevel analysis. Children and Youth Services Review. 39, 101-107. Doi: 10.1016/j.childyouth.2014.02.005
  9. Vaughan, E. L., Kratz, L., & d’Argent, J. (2011). Academics and substance use among Latino adolescents: Results from a national study. Journal of Ethnicity in Sustance Abuse, 10, 147-161. Doi: 10.1080/15332640.2011.573315

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.