HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN KELAS DAN KETERHUBUNGAN TERHADAP SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SMA

Rachmat Saleh, Anita Listiara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dan keterhubungan terhadap sekolah pada siswa kelas XI SMA. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Mranggen yang masih aktif dan bersedia terlibat dalam penelitian. Sampel dari penelitian ini adalah 240 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Mranggen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Keterhubungan Terhadap Sekolah (39 aitem valid, α = .920) dan Skala Manajemen Kelas (46 aitem valid, α= .925). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien korelasi sebesar rxy = .691 dengan p= .000 (p<.05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara manajemen kelas dan keterhubungan terhadap sekolah. Artinya, semakin baik penilaian siswa mengenai manajemen kelas maka semakin tinggi keterhubungan terhadap sekolah dan semakin buruk penilaian siswa mengenai manajemen kelas maka semakin rendah keterhubungan terhadap sekolah. Manajemen kelas memberikan sumbangan efektif pada keterhubungan terhadap sekolah sebesar 47,8%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats