PENGARUH PENDEKATAN PESAN INJUNGTIF NORMATIF TERHADAP KEPATUHAN PARA PENGENDARA SEPEDA MOTOR SAAT LAMPU MERAH MENYALA DI KAWASAN KELURAHAN TEMBALANG DAN BANYUMANIK

Frenky Fernando, Adi Dinardinata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pesan persuasif dengan empat jenis pendekatan yang berbeda (preskriptif, proskriptif, konsekuensi, jastifikasi serta pesan netral sebagai kelompok kontrol), terhadap perilaku kepatuhan para pengendara sepeda motor di lampu merah.Metode penelitian yang digunakan adalahtrue experiment dengan teknik postest-only control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengendara sepeda motor di kawasan Kelurahan Tembalang dan Banyumanik dengan sampel sebanyak 1500 orang pengendara. Pengendara sepeda motor tersebuttidak memiliki halangan di depannya, sehingga memungkinkan untuk melanggar atau berhenti. Teknik sampling yang digunakan adalahaccidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi non-partisipan dan dianalisis dengan teknik statistika regresi logistik biner. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan positif (0,000<0,05) antara perbedaan jenis pesan terhadap perilaku kepatuhan para pengendara sepeda motor saat lampu merah menyala. Pendekatan konsekuensi adalah yang paling efektif, ditunjukkan dengan nilai OR sebesar 1,785. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pesan dengan pendekatan konsekuensi dapat meningkatkan angka kepatuhan di lampu merah sebesar 78,5% dibandingkan pesan netral. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan pesan persuasif terbukti dapat meningkatkan kepatuhan para pengendara sepeda motor dilampu merah. Adanya penelitian ini dapat menjadi dasar dalam penggunaan papan tanda persuasif, sehingga dapat membantu mengurangi pelanggaran di lampu lalu lintas.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats