Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI23459, author = {Frenky Fernando and Adi Dinardinata}, title = {PENGARUH PENDEKATAN PESAN INJUNGTIF NORMATIF TERHADAP KEPATUHAN PARA PENGENDARA SEPEDA MOTOR SAAT LAMPU MERAH MENYALA DI KAWASAN KELURAHAN TEMBALANG DAN BANYUMANIK}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {7}, number = {4}, year = {2019}, keywords = {kepatuhan; pesan persuasif}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pesan persuasif dengan empat jenis pendekatan yang berbeda (preskriptif, proskriptif, konsekuensi, jastifikasi serta pesan netral sebagai kelompok kontrol), terhadap perilaku kepatuhan para pengendara sepeda motor di lampu merah.Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan teknik postest-only control group d e sign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengendara sepeda motor di kawasan Kelurahan Tembalang dan Banyumanik dengan sampel sebanyak 1500 orang pengendara. Pengendara sepeda motor tersebuttidak memiliki halangan di depannya, sehingga memungkinkan untuk melanggar atau berhenti. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling . Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi non-partisipan dan dianalisis dengan teknik statistika regresi logistik biner. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan positif (0,000<0,05) antara perbedaan jenis pesan terhadap perilaku kepatuhan para pengendara sepeda motor saat lampu merah menyala. Pendekatan konsekuensi adalah yang paling efektif, ditunjukkan dengan nilai OR sebesar 1,785. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pesan dengan pendekatan konsekuensi dapat meningkatkan angka kepatuhan di lampu merah sebesar 78,5% dibandingkan pesan netral. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan pesan persuasif terbukti dapat meningkatkan kepatuhan para pengendara sepeda motor dilampu merah. Adanya penelitian ini dapat menjadi dasar dalam penggunaan papan tanda persuasif, sehingga dapat membantu mengurangi pelanggaran di lampu lalu lintas. }, issn = {2829-1859}, pages = {1418--1426} doi = {10.14710/empati.2018.23459}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23459} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pesan persuasif dengan empat jenis pendekatan yang berbeda (preskriptif, proskriptif, konsekuensi, jastifikasi serta pesan netral sebagai kelompok kontrol), terhadap perilaku kepatuhan para pengendara sepeda motor di lampu merah.Metode penelitian yang digunakan adalahtrue experiment dengan teknik postest-only control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengendara sepeda motor di kawasan Kelurahan Tembalang dan Banyumanik dengan sampel sebanyak 1500 orang pengendara. Pengendara sepeda motor tersebuttidak memiliki halangan di depannya, sehingga memungkinkan untuk melanggar atau berhenti. Teknik sampling yang digunakan adalahaccidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi non-partisipan dan dianalisis dengan teknik statistika regresi logistik biner. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan positif (0,000<0,05) antara perbedaan jenis pesan terhadap perilaku kepatuhan para pengendara sepeda motor saat lampu merah menyala. Pendekatan konsekuensi adalah yang paling efektif, ditunjukkan dengan nilai OR sebesar 1,785. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pesan dengan pendekatan konsekuensi dapat meningkatkan angka kepatuhan di lampu merah sebesar 78,5% dibandingkan pesan netral. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan pesan persuasif terbukti dapat meningkatkan kepatuhan para pengendara sepeda motor dilampu merah. Adanya penelitian ini dapat menjadi dasar dalam penggunaan papan tanda persuasif, sehingga dapat membantu mengurangi pelanggaran di lampu lalu lintas.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University