HUBUNGAN ANTARA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE DAN KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN SELF-ESTEEM PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Sulton Firhanida, Frieda Nuzulia Ratna Hadiyati

Abstract


Self-esteem adalah keseluruhan penilaian diri mahasiswa mengenai perasaan keberhargaan dan kesejahteraan dirinya yang berdasarkan pada tingginya membership esteem, private collective self-esteem, public collective self-esteem, dan identity. Keputusan pembelian produk e-commerce adalah keputusan pembeli mengenai produk yang akan dibeli secara elektronik berdasarkan pada merek, penjual, jumlah produk, waktu pembelian, dan cara pembayaran. Kohesivitas kelompok adalah perasaan mahasiswa untuk bersatu dalam kelompok yang terlihat berdasarkan pada komponen sosial, tugas, kesadaran, dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keputusan pembelian produk e-commerce dan kohesivitas kelompok dengan self-esteem pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Sampel penelitian sebanyak 144 mahasiswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala self-esteem (16 item valid, α = .843), skala keputusan pembelian produk e-commerce (16 item, α = .872), dan skala kohesivitas kelompok (16 item, koefisien reliabilitas sebesar .889). Hasil penelitian menunjukan bahwa self-esteem, keputusan pembelian produk e-commerce, dan kohesivitas kelompok subjek berada pada kategori yang tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan analisis regresi linier berganda didapatkan koefisien korelasi untuk keputusan pembelian produk e-commerce dengan self-esteem sebesar .773 dengan p=.000 (p<.001). Sedangkan untuk kohesivitas kelompok dengan self-esteem sebesar .291 dengan p=.000 (p<.001). Lalu untuk keputusan pembelian produk e-commerce dan kohesivitas kelompok dengan self-esteem sebesar .780, dengan tingkat signifikansi sebesar p=.000 (p<0,001). Nilai koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan, antara keputusan pembelian produk e-commerce dan kohesivitas kelompok dengan self-esteem. Nilai koefisien determinasi sebesar .602, artinya keputusan pembelian produk e-commerce dan kohesivitas kelompok bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 60,2% pada self-esteem.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats