skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE DAN KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN SELF-ESTEEM PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 8 Mar 2019; Published: 25 Mar 2019.

Citation Format:
Abstract

Self-esteem adalah keseluruhan penilaian diri mahasiswa mengenai perasaan keberhargaan dan kesejahteraan dirinya yang berdasarkan pada tingginya membership esteem, private collective self-esteem, public collective self-esteem, dan identity. Keputusan pembelian produk e-commerce adalah keputusan pembeli mengenai produk yang akan dibeli secara elektronik berdasarkan pada merek, penjual, jumlah produk, waktu pembelian, dan cara pembayaran. Kohesivitas kelompok adalah perasaan mahasiswa untuk bersatu dalam kelompok yang terlihat berdasarkan pada komponen sosial, tugas, kesadaran, dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keputusan pembelian produk e-commerce dan kohesivitas kelompok dengan self-esteem pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Sampel penelitian sebanyak 144 mahasiswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala self-esteem (16 item valid, α = .843), skala keputusan pembelian produk e-commerce (16 item, α = .872), dan skala kohesivitas kelompok (16 item, koefisien reliabilitas sebesar .889). Hasil penelitian menunjukan bahwa self-esteem, keputusan pembelian produk e-commerce, dan kohesivitas kelompok subjek berada pada kategori yang tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan analisis regresi linier berganda didapatkan koefisien korelasi untuk keputusan pembelian produk e-commerce dengan self-esteem sebesar .773 dengan p=.000 (p<.001). Sedangkan untuk kohesivitas kelompok dengan self-esteem sebesar .291 dengan p=.000 (p<.001). Lalu untuk keputusan pembelian produk e-commerce dan kohesivitas kelompok dengan self-esteem sebesar .780, dengan tingkat signifikansi sebesar p=.000 (p<0,001). Nilai koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan, antara keputusan pembelian produk e-commerce dan kohesivitas kelompok dengan self-esteem. Nilai koefisien determinasi sebesar .602, artinya keputusan pembelian produk e-commerce dan kohesivitas kelompok bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 60,2% pada self-esteem.

Fulltext View|Download
Keywords: pembelian produk; ecommmerce

Article Metrics:

  1. Adiwatiy, M.R., & Fitriyah, Z. (2015). Efektivitas strategi penyesuaian mahasiswa baru pada proses pembelajaran di perguruan tinggi. (Studi pada UPN ”Veteran” Jawa Timur). Jurnal NeO-Bis, 9(1), 96
  2. Arnett, J.J. (2013). Adolescence and emerging adulthood: A cultural approach (15th ed.). New Jersey: Pearson Education
  3. Azizah, P.N., & Listiara, A. Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif dalam pembelian tas melalui online shop pada mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 6(1), 336
  4. Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Baldwin, S.A. & Hoffman, J.P. (2014). The dynamics of self-esteem: A growth curve analysis. Journal of Youth and Adolescence, 1, 3
  6. Berk, L.E. (2011). Exploring lifespan development (2nd ed.). Boston: Pearson Education
  7. Daft, R.L. (2008). Management (10th ed.). Mason: Cengage Learning
  8. Data pengguna internet berdasarkan pekerjaan. (2016). Diunduh dari https://statistik.kominfo.go.id/site/data?idtree=424&iddoc=1515&data-data_page=2
  9. Forsyth, D.R. (2010). Group dynamics (5th ed.). Wadsworth: Cengage Learning
  10. Guindon, M.H. (2010). Self-esteem across the lifespan. New York: Taylor and Francis Group
  11. Gunawan, A., & Sugiyanto. (2012). Pengaruh identitas kelompok terhadap self-esteem pada komunitas reggae di Jakarta. Jurnal Psikologi, 10(1), 46
  12. Haddera, T.A. (2015). Examining the relationship between team cohesion, comparative anxiety and self-confidence among Ethiopian basketball teams. Journal of Tourism, Hospitality and Sports, 13, 33-34
  13. Harsanti, I., & Maulana, I. (2015). Hubungan kohesivitas dan kepercayaan diri pada pria dewasa awal anggota klub mobil. Jurnal Psikologi, 8(1), 30
  14. Haryani, I., & Herwanto, J. (2015). Hubungan konformitas dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap produk kosmetik pada mahasiswi. Jurnal Psikologi, 11(1), 10
  15. Ilaw, M.A. (2014). Who you are affects what you buy: The influence of consumer identity on brand preference. The Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 5, 10
  16. Kaymak, T. (2011). Group cohesion and performance: A search for antecedents. Ekonomika and Management, 1, 86
  17. Khare, A., & Sadachar, A. (2014). Collective self-esteem and online shopping attitudes among college students: Comparison between the U.S. and India. Journal of International Consumer Marketing, 26(2), 118
  18. Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Principles of marketing (14th ed.). New Jersey: Pearson Education
  19. Kotler, P., & Keller, K.L. (2012). Marketing management (14th ed.). New Jersey: Pearson Education
  20. Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015). Marketing (9th ed.). Melbourne: Pearson Higher Education Australia
  21. Marolla, S.F. (2013). Gambaran komponen yang mempengaruhi keputusan membeli handphone blackberry dan gaya hidup konsumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 3-4
  22. Mocanu, R. (2013). Brand image as a function of self-image and self-brand connection. Management Dynamics in The Knowledge Economy, 1(3), 389
  23. Moreira, J.F., & Telzer, E.H. (2015). Changes in family cohesion and links to depression during the college transition. Journal of Adolescence, 43, 80
  24. Muller, A., & Mitchell, J.E. (2011). Compulsive buying: clinical foundations and treatment. Abingdon: Routledge
  25. Myers, D.G. (2008). Social psychology (9th ed.). New York: McGraw-Hill
  26. Nursalam (2008). Sistematika penulisan karya ilmiah. Yogyakarta: Deepublish
  27. Opiri, J., & Lang, C. (2016). The Impact of the self-esteem and consumption values on consumers a itude and intention to purchase luxury fashion products. International Textile and Apparel Association (ITAA) Annual Conference Proceedings Journal, 73(1), 121
  28. Ormrod, J.E. (2011). Educational psychology (7th ed.). Boston: Pearson Education
  29. Orth, U., & Robins, R.W. (2014). The development of self-esteem. Association for Psychological Science Journal, 23(5), 384
  30. Perrault, W., Cannon, J., & McCarthy, E.J. (2009). Basic marketing: A marketing strategy planning approach (17th ed.). Boston: McGraw-Hill Irwin
  31. Persentase aktivitas e-commerce di Indonesia. (2018). Diunduh dari https://statistik.kominfo.go.id/site/data?idtree=430&iddoc=1275
  32. Qomaria, N., Musadieq, M., & Susilo, H. (2015). Peranan kohesivitas kelompok untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 83
  33. Sani, F., & Nurtjahyanti, H. (2016). Hubungan antara citra diri dengan intensi membeli produk fashion bermerek tiruan pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(3), 476
  34. Santoso, S. (2013). Menguasai SPSS 21 di era informasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  35. Santrock, J.W. (2009). Remaja (11th ed.). Jakarta: Erlangga
  36. Santrock, J.W. (2012). A topical approach to life-span development (6th ed.). New York: McGraw-Hill
  37. Santrock, J.W. (2014). Adolescence (15th ed.). New York: McGraw-Hill
  38. Sarwandi (2016). Toko online modern dengan opencart. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
  39. Sarwono, S.W., & Meinamo, E.A. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  40. Siagian, S.P. (2012). Teori motivasi dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
  41. Siregar, I.S. (2017). E-commerce Indonesia akan terus berlari kencang. Diunduh dari http://bbs.binus.ac.id/management/2017/08/e-commerce-indonesia-akan-terus-berlari-kencang/
  42. Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif: Dilengkapi perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Kencana
  43. Truong, Y., & McColl, R. (2011). Intrinsic motivations, self-esteem, and luxury goods consumption. Journal of Retailing and Consumer Services, 18, 559
  44. Wahyudi, S.T. (2017). Statistika ekonomi konsep, teori dan penerapan. Malang: Universitas Brawijaya Press
  45. Widodo, A.S., & Pratitis, N.T. (2013). Harga diri dan interaksi sosial ditinjau dari status sosial ekonomi orang tua. Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 137
  46. Wulansari, H., Hardjajani, T., & Nugroho, A.A. (2013). Hubungan antara komunikasi yang efektif dan harga diri dengan kohesivitas kelompok pada pasukan supporter Solo Sejati (pasoepati). Jurnal Elektronik Fakultas Kedokteran UNS, 1(2), 11

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.